Cari

Monday, January 12

Selamat Liburan :D

Liburan kali ini tanpa ambisi ataupun resolusi. Selamat bergembira dalam khayalan :D

***

Berminggu-minggu terlalu lama mata ini menatap depan layar komputer, menonton film berjam-jam, membaca buku dimanapun berada, bahkan terlalu lama untuk dikatakan begadang. Mengapa begitu kuat dan tahannya melawan kantuk serta bosan dibandingkan berlama-lama duduk menghadap Sang Pencipta? Atau lebih mudah menangis ketika menonton film romantis baru-baru ini dibandingkan menangisi kesempatan umur akan semakin sedikit? Bela-belain nonton di bioskop apapun yang terjadi?

Film-film Barat dan Asia melemahkan diri dengan dalih romantisme insidental. Logika keterlaluan dan tak berdasar bisa saja membuat sombong diri, kesedihan  dan kegalauan bisa merusak hati yang semakin terpuruk, cinta? Makin tertipu oleh manipulasi-manipulasi film. Oh God. Lucu sekali, hidup di dunia nyata yang semakin tak nyata rupanya.

Remaja tanggung hanya berpikir senangnya saja. Baik perempuan ataupun laki-laki, tak peduli badan meronta lelah namun tetap terjaga di kursi panas untuk menonton hal-hal seru atau mantengin linimasa dia, beda halnya ketika mereka ngoding dan berkarya. Remaja tanggung hanya tertawa menghadapi liburan; menertawakan kesedihan dan kebahagiaan datang silih berganti. Seolah-olah mengetahui siapa yang membuat semua ini.

Remaja perempuan terutama, masih saja terkungkung oleh ketidakbebasan diri untuk menjelajah dunia malam karena aturan yang mengikat untuk melindunginya. Remaja laki-laki, bebas berkeliaran tanpa lelah dan memuja bintang sembari berharap malam selalu cerah.

***

Namun di balik semua itu, Stephen Hawking berani berbicara bahwa dimana ada kehidupan, disitulah ada harapan. Ternyata pula, beliau masih mempercayai keberadaan Tuhan dan cinta-- yang tak semiris cerita cinta beliau di film "Theory of Everything".

Aku pun, alhamdulillah sampai sekarang masih mempercayai keduanya. Hanya cinta, ya, yang terlalu banyak menjadi korban manipulasi film atau drama manusia masa kini. Aku berharap itu nyata dan..... untuk semuanya tanpa khayalan.

Selamat liburan mahasiswa, selamat menyambut semua, termasuk hal-hal fiksi yang kuceritakan di atas :)

1 comment:

  1. romantisme insidental?
    kayaknya hibernasi ini, bukan liburan ^_^
    begadang, baca buku, nonton film..

    ReplyDelete

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.