Cari

Monday, October 6

也许,再 2 个月吧!

Hai, hampir satu semester lebih 2 bulan kita bersama ya, kawan. Telah banyak kudapat pelajaran dari kalian, tentang hal apapun. Tentang... menghargai kerja keras dan membalas respon - yang menurutku amat sederhana dan biasa aja momennya - tetapi sangat berarti sampai bertahan sekarang ini. 

Kedekatan? Bahkan dianggap teman sedekat kayak apa tau pun tetep ngerasa cuek aja, loh.

Beberapa kawan-kawan seiman dan satu organisasi kerohanian Islam fakultas, mereka mengubah pandangan sempit dan polosku. Sempat hiatus dari blog ini karena menulis hal-hal lain, yang menurutku dipaksa tapi asyik. Memang, tempat tempa pertamaku di organ gerakan sospol yang dulunya dinaungi BEM fakultas,  sebagai awal segala awal dari organisasi yang kujalani 2 semester ini. Kemudian, organisasi kerohanian Islam tingkat universitas,  yang pelan-pelan sedikit mengenalkanku tentang "sekre seberang" dan isi dalam Masjid UI itu sendiri, ya misalnya ada perpustakaan yang baru kutahu buku-bukunya keren parah. Dan "sekre sebelah", yang membuatku mabuk sama pemikiran-pemikiran Islam. Asyik sih, mereka membawaku pada pengetahuan baru yang membangkitkan rasa ingin tahu sampai kehausan. 

Entah,  aku masih terlalu banyak menimbang-nimbang mengapa terlalu cepat dan terlalu polos untuk menghadapi kehidupan luar. Aaaa, nggak kuat :') Masuk organisasi kerohanian Islam ternyata tak seindah dan se-menyenangkan di rohis sekolah, yang kata orang menyenangkan. Meskipun sebenenarnya baru kali ini ikut organisasi kerohanian Islam beneran :') 

***

Kadang, aku hanya butuh menulis dan menulis untuk menuangkan ini semua. Nggak ingin semuanya terpendam dalam kepala, lalu meledak tiba-tiba, sampai bela-belain bolos kuliah.... 

Kadang juga, ngerasa, belajar ga cuma di kelas.

***

Tanggal 27 September, acara Kajian Rutin ke-FIB-an (KARIBIAN) IV lah yang membuatku merenung dan bahagia menikmati kesendirian. Berdiri di atas balkon PSJ, menikmati video peserta penghapal Al-Qur'an seluruh dunia yang masih belia banget umurnya :') Pesan-pesan sederhana, ga pake rumit ala filsuf Barat, ternyata ngena parah. Selama ini, aku kemana ajaaaaaaaaa~~~~~  Ilmu mudah diserap saat terharu ternyata :D

Dan akhirnya, aku nyambung-nyambungin ini semua sama teori filsuf Barat, Martin Bubber. Ini keren banget, karena lagi berbunga gitu sih. Aku ngerasa ada, karena ada keberadaan orang lain. Karena ngerasa ada bareng mereka, maka terjadilah konflik-konflik dan hubungan baik selama ini, yang bikin semua berubah dan itu semua berlangsung, sehingga ngerasa punya jati diri gitu. Dengan pengetahuan dikit banget ini, hanya terpesona sama quotes Bubber: 

"what, then, do we experience of Thou? just nothing, for we do not experience it."
"what, then, do we know of Thou? just everything, for we know nothing isolated about it anymore." 

- Kelas eksternal non-filsafat di FIB, yang sebenernya keren banget dan bikin cengok. Namun, beberapa bahasan materi sempat bikin terguncang saking kontrasnya sama pemikiran Al-Attas dan pemikir Islam lainnya. 

***

It's odd. 

Ketika hiatus kayak gini, tiba-tiba datang dan bercerita banyak dalam satu posting blog dalam waktu beberapa menit. 

It's odd. 

Ketika kamu ngerasa kehilangan begini, tapi semua itu pernah dipertemukan dan disatukan karena sama-sama seiman dan pengen belajar, sebenernya. 

Ga cuma di kerohanian Islam dan sebagainya, tapi tempat lain, ada tempat awal banget ditempa, organ gerakan sospol di fakultas (bahkan aku bukan anak sospol banget) yang sesungguhnya memunculkan semua ini. Sampai-sampai, Allah dan semesta mengamini, seolah-olah dunia yang sempit menjadi luas karena bertemu ragam manusia meski mereka punya niatan sama: seiman dan pengen belajar. 

Mungkin, tinggal 2 bulan lagi ya! 

:') 

No comments:

Post a Comment

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.