Senin, Juli 15

Hal Berharga Saat Ngeblog

Yang pelajaran yang saya ketahui selama ngeblog selama 3 tahun ini adalah....

"Tak apa posting-mu sedikit. Tapi berkualitas, menohok, membekas di ingatan, bahkan sampai kamu ketawa atau terharu sendiri kayak orang gila."

"Readers memang penting. Feedback mereka sangat penting, karena mereka mengapresiasi apa yang kita tulis. Lain halnya mencari readers untuk fame atau nge-eksis atau kepopuleran. Kalau posting bagus, maka readers akan menyusul dan mengapresiasi tulisan kita."

"Jika sudah klop sama readers dan care sama apresiasi mereka. Jadilah kita mem-follow blog mereka. Kita jadikan teman, lebih dari sekedar teman. Karena teman yang menulis itu "istimewa" meskipun di dunia maya. Lihatlah, setelah semua itu terjadi, maka akan terjadi kopdar alias temu blog di dunia nyata. Seru banget dong, pastinya."

"Kalau kamu ngeblog untuk nyari fame alias kepopuleran. Ya nggak usah ngeblog. Ngeblog itu buat berbagi, buat ngelmu. Buat nyari pengalaman orang lain dan memahami mereka. Banyak tuh blog-blog yang ditulis tanpa hati alias copy paste hanya untuk mendapatkan hits statik pengunjung yang banyak dan Google Page Rank #1. Ngapain coba? Nanti nyesal loh. Semua itu semacam third-party. Banyak banget blog model itu. Orang sudah bosan dan kesal sebenarnya, bila mencari informasi sangat penting. Eh gak taunya cuma URL doang."

"Peduli sama statistik pengunjung? Segera tutup blog Anda. Penyesalan akan datang. Karena, jika blog Anda adalah blog pribadi dengan statistik pengunjung banyak, maka pantas curiga. Terlalu banyak orang kepo di dunia ini setelah gempuran dunia maya dan social network. Maukah Anda di-bully di dunia nyata, atau diculik, atau dijadikan apapun oleh stranger(s) (orang yang tidak dikenal)? Kecuali jika blog Anda adalah blog non-pribadi. Tidak apa-apa. Maka, hati-hati ngeblog."

"Tetap konsisten di Blogger.com adalah penting. Kebanyakan blogger yang pindah rumah itu karena merasa butuh space untuk mengungkapkan pengalaman pribadi dan bersifat privasi mereka. Mungkin ada yang pindah ke Wordpress.com dan tumblr.com. Tapi terserah sih, pindah rumah bukan masalah. Bisa saja meningkatkan pengalaman nulis dan dunia maya."

"Hiatus juga penting. Hiatus sama seperti kematian. Tapi bukan kematian dalam arti sebenarnya. Penulis blog juga butuh istirahat. Mereka juga butuh interaksi dengan orang lain di dunia nyata. Siapa tahu, dengan hiatus, kita bisa posting dengan nuansa dan pengalaman baru."

"Bersyukur adalah nomor satu. Karena, gak semua blogger mau konsisten sama blog-nya. Gak semua blogger memiliki kemampuan nulis yang serius. Dan gak semua blogger punya kemampuan sensor tulisan dan editting yang bagus. Selain itu, gak semua blogger punya waktu yang pas untuk nulis."

3 tahun itu cepat. Saya baru sadar, ngeblog itu bisa mengembangkan kemampuan menulis. Bahkan bisa menjadi novel. Up to you. Ini pelajaran berharga banget buat saya, dan juga buat mbak/mas pembaca.

Tetaplah ngeblog! :D

3 komentar:

  1. Semangat ngeblog ya mbak.. :D

    blognya sudah saya follow, ditunggu follow baliknya ke www.muslimahonline.net ya.. ^_^
    salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat.... :)

      Ngeblog memang sangat penting. Saya setuju dengan pernyataan2 di atas. Kalau konsisten nanti bisa jadi penulis buku :). Dan yang paling penting, ngeblog yang berkualitas adalah yang tidak copy paste walau tulisan kita masih gitu2 aja. ;)

      Tetap semangat ngeblog. InsyaAllah sangat berguna baik untuk diri-sendiri maupun untuk orang lain. :)

      Hapus

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.