Cari

Sunday, April 29

Laptop Nggak Bisa Shut down

Assalamu'alaikum kawan! :D Alhamdulillah aku masih bisa nyempatin ngeblog pagi ini. Aku jadi kangen untuk menggelitik keyboard di dunia maya kayak blog. Wong kemaren-kemaren aku masih bersembunyi dibalik Microsoft Word untuk membuat cerpen. Tapi sekarang aku usahain ngeblog.

O ya, kita mungkin pernah mengalami laptop yang nggak bisa di shut down. Terutama Windows 7. Itulah yang dialami oleh laptop yang ada dihadapanku sekarang. Aku juga bingung kenapa nggak bisa di shut down alias dimatiin total. Biasanya, aku hibernate atau sleep. Tapi, 2 hari ini laptopku sering di hibernate lantaran gak bisa di shut down. Akhirnya, perintah hibernate lah yang kulakukan terus. Mati sih laptopnya, tapi kok, di pointer kayak ada tanda loading (bulat-bulat berjalan). Dahiku makin kaku dan nggak bisa mikir lagi. Kayaknya ini laptop mau rusak. 

Mungkin karena menginstall aplikasi nggak jelas. Aku juga kurang tau aplikasi yang tiba-tiba dia datang ke laptopku. Aplikasi itu namanya, kalo gak salah, eType. 

Setelah mengintall dan run aplikasi itu, ternyata itu aplikasi pembuka beranda Facebook. Hmm, perlu apa? Alhasil aku makin emosi semenjak aplikasi yang sudah nampang di desktop nggak bisa di uninstall dengan uninstaller. Udah gitu, menu Start yang berisi banyak aplikasi dan program nggak bisa ditekan -_____- . Astagfirullah. Cobaan apa lagi. 

Pernah sih, nge-restart atau menghidupkan ulang. Tapi perintah nggak jalan-jalan. Keluhan yang banyak di laptop ini. 

Kira-kira, mas/mbak tau nggak kenapa laptop ini? Setelah aku coba-coba tetap nggak bisa dan mungkin. Ada tips untuk memperbaiki supaya perintah shut down bisa berjalan normal tapi menggunakan regedit. Mengedit HKEY atau registry! Resiko juga, itu mengedit bagian inti laptop. Takut rusak.

Yah semoga dengan keluhan ini mas/mbak bisa memberikan solusi. Semoga bisa membantu :D 

1 comment:

  1. Cara Shut Down Cepat Pada Windows 7

    Untuk dapat melakukan trik ini, yaitu melakukan shutdown hanya dengan sekali tekan, pertama-tama yang dilakukan adalah dengan sedikit melakukan perubahan pada registry Editor. ( mohon dibaca secara seksama dan berurutan )
    1. Masuk regedit kemudian langsung menuju : HKEY_LOCAL_MACHINE\System\controlSet001\Control.
    2. Klik ganda [WaitToKillServiceTimeOut], dan ubah value data menjadi 20 (atau terserah anda, semakin sedikit berarti semakin cepat). Artinya dalam waktu 20 milidetik tidak ada respons, maka program akan dimatikan secara paksa. dan Klik OK
    3. Agar setelah waktu 20 milidetik tidak muncul konfirmasi yang untuk meminta kita menyimpan file atau tidak menyimpan file terlebih dahulu, maka yang dapat dilakukan adalah masuk ke HKEY__USERS\DEFAULT\ControlPanel\Desktop. Dibagian kanan cari [AutoEndTasks] Ganti Value data menjadi 1, kalau belum ada bisa dibuat dengan cara klik kanan > [new] > [StringValue] > beri nama “AutoEndTasks” > isikan nilai value data dengan angka “1”. Dengan mengaktifkan autoendtasks ini artinya program akan dimatikan secara paksa, tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Otomatis bila file yang masih terbuka belum shobat simpan (save), maka file tidak akan tersimpan. Disarankan agar semua file yang shobat buka di save terlebih dahulu sebelum melakukan trik ini. Tetapi jika file yang terbuka memang bukan untuk disimpan, bukan menjadi masalah.
    4. Tutup registry dan restart.
    Setelah tahap satu selesai, kita lakukan pengaturan pada power options
    1. Buka [control panel] > [Hardware and Sound].
    2. Pada "Power Options", pilih menu dibawahnya yang berbunyi “Change what the power buttons do “
    3. Pada jendela yang muncul, atur opsi pada “ When I press the power button “ dengan pilihan shutdown.
    4. Pada laptop terdapat pilihan “ When I close the lid “ atur dengan pilihan shutdown. Hal ini dimaksudkan, walaupun windows sedang on, jika laptop ditutup, maka otomatis windows akan shutdown dengan sendirinya. Enak ya ….!!!!
    5. Klik save changes.

    ReplyDelete

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.