Cari

Saturday, October 22

UTS selesai, tapi...

UTS. Ulangan Tengah Semester.

Kedengeran banget kalo UTS itu hal yang harus diwaspadai, karena kalo rapotan UTS bakal nampilin nilai yang apa adanya dan harus terima apa adanya. Wah, so sweet banget ya UTS itu. :))

Dan setelah seminggu ini, aku menghadapi UTS dengan kepala yang hangat sehangat-hangatnya air. Hangat karena banyak desas-desus kalo soal UTS angkatan tahun ini lebih susah. Lebih susah daripada UTS kelas 1 SMA juga sih ya. Hehe.. Apalagi aku memililh jurusan IPA, pastinya ada pelajaran ter-killer dan ter-sulit daripada pelajaran umum seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN, Agama, Bahasa Asing seperti Mandarin, dan sebagainya. Kalo umumnya sih temen-temen bilang kalo UTS IPA yang paling aoleng (pusing, susah, Madura) atau pusing adalah Fisika.. dan Biologi. :| Kebayang gak sih? Matematika juga termasuk IPA?

Anggap aja iya. Matematika buat IPA.

Jadi UTS IPA yang paling sulit itu ada 3 atau 4, yakni Mafia Bio. Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Aduh, ini pelajaran IPA pokok buat UN kok pada... :'(

Ingatlah aku pada hari pertama UTS. Fisika, Sejarah dan Mandarin. Fisika, aku kaget banget sama soal nomor 1 karena pakai bahasa Inggris. Lebay, padahal kelas 1 dulu ulangan apapun dwi bahasa atau bilingual. Apa mungkin aku gak menghafal rumus bla-bla-blaa kayak diferensial, integral, kecepatan, besar kecepatan, kecepatan rata-rata, medan gravitasi, hukum Newton, nyari tegangan tali gimana, ya? AAAAAKKK!! Mumet banget, tapi resikonya Fisika deh! Tetapi, aku bersyukur gara-gara cuma 1 soal yang bisa kukerjakan. Itupun nomor terakhir.Yang penting dikerjakan aja.

Dan menyusullah pelajaran lain, Sejarah dan Mandarin. Aku berharap Mandarin, ah. Sejarah, walaupun pelajaran yang bikin seger otak, tapi kadang bikin ngantuk juga. Sejarah itu sebenarnya pelajaran yang menyenangkan dan (kadang) ngebosenin. Tapi ya, kenapa soal UTS nya susah ya? Kalo Mandarin, asalkan hafal semua pinyin (latin intonasi dan lafal huruf Mandarin) dan hanzi (aksara Mandarin) pasti bisa. Seperti hiragana dan katakana yang ada dalam bahasa Jepang, mungkin lebih cepat nyerap ya huruf Jepang daripada Mandarin. Hehe...

Entah untuk hari-hari berikutnya yang semakin "seru" banget soal UTS-nya. Soal makin girang gara-gara muridnya ngeluh terus "susah banget soalnya". Kertas putih dengan soal bertinta hitam menyeramkan akan digores oleh tinta hitam yang berangka anggapan "merah". Angka merah. Ya, nilai merah atau nilai dibawah standar 76 akan menghantuiku, dan teman-teman sekelas 11 IPA 7. Kalo misalnya satu orang dapat nilai jelek, semua dapat nilai jelek juga dong (mungkin). Tapi kalo ada yang bagus juga, mungkin itu sudah rezekinya.

Malam minggu yang sepi dan gak ada apa-apanya ini, emang paling cocok untuk memerdekakan diri dari pikiran dan kenangan apapun tentang UTS dari Senin hingga Jum'at yang lalu. Melupakan tugas sekolah sementara dengan main game, genjreng gitar, atau malah jungkir balik di kasur juga bisa menyegarkan pikiran sementara doang. Habis itu... Senin udah belajar, Selasa juga. Rabu apalagi. Kamis wah, payah. Jum'at okelah. Anak sekolah kadang mikir bahwa hari-hari tersebut tidak ada pelajaran, bebas, nyantai..

Yah, gitu deh namanya anak sekolah... :D . Mau ada UTS atau Ujian Semester, suatu saat mereka akan berwajah ceria ketika melihat hasil kerja mereka sendiri.

Good Luck :D

1 comment:

  1. Setuju bangeeet kak, UTS nya Susah =,=
    kak bolehkah saran? Puisi2 nya diperbanyak dong kak. hehe :3

    Gina Kansas

    ReplyDelete

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.