Cari

Wednesday, August 31

Malam Ini

Malam ini terasa sunyi, hanya ada semilir angin yang mengalir. Tidak ada lagi tanda kehidupan hakiki, tidak ada lagi tanda keramaian para perantau yang selalu berkicau. Yang ada hanyalah, keramaian kosong. Tanpa makna.

Malam ini makin larut. Bagimu sangat terasa lama sekali. Apabila kau hanya duduk berpangku dagu. Memikirkan masa lalu yang indah di bulan Ramadhan. Hingga kau terisak tersedu-sedu dan terkadang tertawa terbahak-bahak. Dan kadang kaupun mungkin membuka catatan halaman dalam otakmu. Kau membayangkannya dalam mimpi. Lalu kau tertidur dalam pangkuan dagu. Dan akhirnya, malam yang makin larut terasa lama sekali.

Malam ini makin larut. Bagiku sangat cepat sekali. Apabila aku hanya duduk, menatapi layar televisi dengan radiasi grafis berat. Aku memegang erat stik playstation yang kadang bergetar ketika lawanku menggoreskan pedang ataupun tombak ataupun panah beracun. Lalu tokoh yang kumainkan kepedihan, sepedih otak dan mataku merasakan getaran stik playstation. Setelah kurasakan itu berlarut-larut, akupun harus menghadapi lawan terberat yang mungkin akan mati dalam 10 menit saja. Bagaimana? Lebih dari 10 menit, lawanku akan mati ditempat. Dan habislah semua cerita-cerita peperangan.

Dan selesai pulalah malam yang terasa larut tersebut. Semua sudah tak terasa. Akupun mati rasa. Ternyata sudah jam dua. Untuk hari esok dari hari kemarin. Itukah malam yang cepat bagiku?

Malam yang makin larut akan terasa hampa. Ketika semua manusia sibuk dengan dunia mereka, ketika mereka terbelenggu dari segala penahan hawa dan kebebasan. Mereka semua bermain dengan keindahan semu, mereka memang kembali ke hari yang suci, namun entahlah. Apakah hati mereka suci atau tidak, aku tak tahu. Dan, mungkin saja malam ini akan terasa sangat hampa apabila semua orang akan melupakan fitrah hari fitri yang sebenarnya.

Ya, hari fitri sebenarnya.

No comments:

Post a Comment

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.