Rabu, Agustus 31

GO! Idul Fitri 1432 Hijriah

Assalamu'alaikum kawan!!

Hai!! Wah, gimana nih rasanya lebaran? Enak ya? Makan banyak, kue banyak? THR mungkin banyak kali ya.. Ckckck... Tapi, hati merasa plong gak? Maksudnya, plong karena bebas merdeka dari setan dan merasa berhasil melaksanakan puasa dengan ikhlas. Benarkan? Insya Allah deh ya.

Nah, selama bulan Ramadhan, mungkin mas/mbak udah melaksanakan puasa dengan ikhlas. Puasa emang diwajibkan dalam ibadah, selain itu termasuk pula dalam rukun Islam. Namun, dalam berpuasa, apakah udah ngerasa puasanya bener-bener puasa? Mungkin saja, tantangan puasa adalah marah, pengen sabar tapi gak bisa, lapar, haus, lapar dan haus ditahan tapi main laptop ampun khusyuknya. Bisa aja kan? Bisa aja selama puasa tetap disibukkan kehidupan duniawi seperti itu tadi. Malahan, sholat, ataupun mengaji kurang. Akupun seperti itu. Aku pun merasa puasaku kurang pol. Kurang sempurna. Siapa coba, yang gak mau dapat pahala penuh akan puasa yang penuh pula? Puasa gak pake bolong, kecuali khusus kaum hawa ya. Bolong disini maksudnya puasanya kurang sempurna. :)

Aku pernah mendengar ceramah dari seorang pemateri di Masjid An-Nabaa sekolahku. Katanya sih, seorang perawi hadits dalam bulan Ramadhan, khatam Al-Qur'an selama.. Insya Allah 60 kali sepertinya. Subhanallah, keren banget. Mungkin 1 Al-Qur'an tersebut, beliau sudah bisa menghapalnya dengan lancar. Namun sayangnya, aku lupa siapa perawi hadits yang sangat terkenal itu. Aduh...

Pengen banget? Untuk mas/mbak pasti pengen banget deh kayak perawi hadits itu. Aku pengen juga. Sama-sama pengen.

TAPI!! Ada beberapa hal yang menghalangi niat dan langkah kita untuk seperti beliau. Pasti sudah tau kan? Dan mungkin pada akhirnya kita akan menyesal diakhir bulan Ramadhan. Kira-kira gini,

"Aduh, aku nyesel banget! Kenapa aku gak ngaji aja waktu bulan Ramadhan yaa?"

Mungkin setan disebelahmu menjawab gini.

"Halah, kan tahun depan masih ada. Yakin deh, Allah ngasih umur lebih ke lo. Gak usah khawatir. Senang-senang aja dulu. Mumpung belum dipanggil kan?"

Masya Allah. Kalo menurutku mah, kita semua emang sering tergoda gitu kali ya. Sehingga, niatnya pengen mengkhatam Al-Qur'an, sholatnya ditingkatkan atau lebih rajin, atau mungkin yang banyak PR rajin dikerjakan menjadi batal semuanya karena.. KEMALASAN.

Lapar dan haus membuat kita dibelenggu rasa malas. Pengennya tidur. Itu deh, kebiasaan orang pada umumnya.

Tapi ada kok, selama puasa, beberapa atau banyak orang melakukan kesibukan tertentu untuk melupakan lapar dan haus mereka. Melakukan kegiatan positif dan tidak hanya duduk berpangku tangan depan layar monitor. Dan itu ada kok.

Namun, percayalah... Kamu akan berpikir pada hari raya Idul Fitri seperti ini,

"Aku harus lebih bisa meningkatkan ibadahku dihari lain. Yang bolong diganti. Yang males diilangin walaupun rasanya susah banget."

Dan kamu bertekad pada do'a setelah sholat Idul Fitri. Kamu mungkin terinspirasi oleh puasa Syawal selama 6 hari yang "dipromosikan" oleh para da'i bahwa puasa Syawal seperti puasa dalam 1 tahun. Ya sih, pengen banget.

Dan, sebelumnya perlu kamu ingat... Tadi kan sholat Idul Fitri yak. Kamu mungkin sedikit melupakan sesuatu...

"Bermaaf-maafanlah kamu kepada saudaramu sendiri, yakni sesama Muslim. Maafkanlah mereka dengan ikhlas. Agar kamu dimudahkan urusannya."

Surah terjemahan apa? Hadits nya siapa? Ah, bukan-bukan. Ini.. ngasal kok! Hehehe.. Mungkin seperti itu dah. Aku hanya ingin banget, Idul Fitri yang indah ini seharusnya lebih indah lagi dengan saling memaafkan, ikhlas, dan selalu optimis untuk berpikir kedepan. Yaya, walaupun saya tidak pulang kampung ke kampung halaman tercinta, Pariaman Sumatera Barat. Hehe.

OKAY! Keep apologize and forgive to all people who ever face and meet you! Because maybe they're your friends! Really friends! And maybe Allah very happy to see you if you do like that :D"

Return to My Blogg mengucapkan,

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432 HIJRIAH. TAQABBALALLAHU MINNA WA MINKUM, TAQABBAL YAA KARIIM.

Maafkan aku apabila ada postingan blog ini yang kurang berkenan, dan banyak salah. Semoga blog ini terus maju kedepan dan pastinya... insya allah rajin posting :) Keep optimist okay!

3 komentar:

  1. Aku juga belum plong Nad, hohoho. Kamu mudik tak?

    BalasHapus
  2. sebulan telah selsesai lakukan latihan dan sebelas bulan menunggu hasil latihan yang nyata. selamat isul fitri 1 syawal 1432 h - mohon maaf lahiur dan batin.

    BalasHapus
  3. kayaknya udah dapet banget nih hikmah dari puasa tahun ini :)

    BalasHapus

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.