Cari

Saturday, May 14

Olimpiade Sains Kabupaten yang Berwarna

Olimpiade Sains Kabupaten/Kota Sumenep Jawa Timur diadakan pada tanggal Selasa 10 Mei 2011 dan Rabu 11 Mei 2011 pukul 07.00 - 12.30. Hari Selasa buat peserta olimpiade IPA (Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, sedangkan Rabu buat IPS (Ekonomi dan Kebumian) dan TI (Teknologi Informasi atau Komputer). OSK diadakan di STKIP PGRI Sumenep.


Aku ikut Kimia, tepatnya diruang dua. Namaku menjadi nama yang berinisal N, sehingga harus masuk ruang dua. Untung ada temanku yang bernama Luluk Khoridatur (Mbak Luluk), Moh. RB. Miftahol Arfin (Mas Arfin), dan Nur Zainah (Mbak Ina). Merekalah yang menemaniku saat OSK berlangsung.


Lo tau? Aku harus bersusah payah buat ngerjakan soal sebanyak 33 soal. 30 soal pilihan ganda dan 3 uraian. Susah kan? Kayaknya masih mendingan OSK Biologi atau Kebumian, karena pilgan cuma 100 *cuma 100... Atau daripada OSK Fisika dan Matematika yang rata-rata hanya uraian semua *kepalaku langsung botak. Dan ternyata pihak KEMENDIKNAS cukup adil yah buat soal Kimia, uraian plus pilihan ganda.


KEJAAAAMMM!!!! SUSAH BANGET SIIHH!!!


Bayangkan, murid bodoh *hehe kayak aku, dkk pembinaan kelas X hanya dibina 5 hari sebelum OSK. Bayangin coba. Apalagi Ainun, yang baruu kali itu langsung ditunjuk Pak Wi untuk ikut OSK tanpa tes. Sedangkan Rahmi, ia mengundurkan diri dari pembinaan lalu ditunjuk kembali. Tapi, mereka lumayan ngerti kok.


Kalo aku sih, paling lelet buat nyatat pembahasan soal kimia kayak perubahan entalpi, kimia karbon, kesetimbangan kimia, dll. Semua berjalan dengan serius dan tegang karena suasana laboratorium Kimia yang sunyi sepi, kecuali ada seorang sukarelawan yang menyumbang ribut suaranya untuk meramaikan sedikit laboratorium. Lebih baik, daripada tegang sedikit, aku agak puyeng.


Namun, hari ke 1 menjelang OSK, aku malah bengong! Otakku gak nyambung mau kemana-ini-itu. Iya sih, pe-er, tugas, dkk kulupakan sementara. Tapi bengongnya ini loh! Saat aku berhadapan dengan soal-soal OKI atau Olimpiade Kimia Indonesia tingkat Kabupaten tahun 2010 , aku bingung darimana jawabannya semua dan bagaimana cara sebenarnya. Walaupun aku catat. Atau, aku nggak menyadari. SOal OKI 2010 atau 2008 (mungkin) sudah kubaca berulang kali. Ah, aku benar-benar bingung waktu itu...


But, the happy moment is. I'm very lucky becoz I got the motivation from my best friend who very far there. He was studying too but he forced on the Saturday night. He joins Physics or Fisika. Dia anak yang pinter. Yah, sekedar motivasi sederhana dan dia juga sedikit curhat ke aku. Saling memotivasi lah... Hehehe *don't think negative thing! That's general. Gara-gara dia juga traumaku agak hilang. Trauma tertabrak sepeda yang mungkin akan dijelasin dipostingan selanjutnya. Semangatku kembali lagi.


Nahh... di STKIP ini loh.. aku punya banyak pengalaman seru. Mulai dari membagikan kue ke teman sampe pake senyam-senyum. Belajar bareng anak-anak OSK, ngumpul duduk di tangga malah. Keren kan kalo difoto??


Terus, pengalaman dianterin pake mobil sekolah bareng anak-anak *dasar udik. Sayangnya, aku nyasar di mobil Fisika kelas 11 perempuan. Hmm.. Tapi, semua itu membuat pengalaman OSK ku berwarna. Apalagi pas ngebagiin kue ada senyam-senyum jaim. Hih! Sapa waktu itu ya??? Jangan-jangan ini pertanda kalo aku gak bakalan bisa ngerjain soal Kimia lagi... Waktu aku ngasih kue, tuh anak sok-sok gak mau ngambil padahal aku matung disana "lo mau minta atau nggak seh?" atau "gue mau kabur, lagian yang pengen gak cuma lo". Dan akhirnya ia ambil juga kue itu.


Aku, mbak Luluk, mbak Ina, dan mas Arfin berkumpul di ruangan 2 saat guru kami memerintahkan masuk ruangan. Kami sibuk belajar. Aku baca catatan kuning kimia dan ngebahas tentang pH zat yang ada log-log nya itu. Yang tau rumus pH Asam, pasti ditemukan log disana. Lalu membahas rumus OH (basa) menjadi asam. Pertama, aku gak ngerti rumus ini. Kedua, rumus ini wajib pake kalkulator. Sedangkan kalkulatorku yang murahan, bagiku itu canggih karena aku gak tau make.. Hihii


Waktu berlalu, semua yang berhubungan dengan buku Kimia dimasukkan kedalam tas masing-masing. Menit demi menit, akhirnya pengawas mempersilakan kami membuka soal Kimia.


Huahh!! Astagfirullah Al 'Adziim.. Masya Allah. Orang menyesal pasti belakangan. Percuma banget yaa, selama 5 hari hanya belajar pelajaran kelas 2 dan 3 sedangkan kelas 1 e dhina'agi alias diabaikan. Baik itu guru, maupun murid. Akupun nyesal banget, soalnya mataku nyambung ke otak dan mengatakan bahwa,

"Ini mah soal kelas 1!!!"

Kubuka halaman 2 juga masih kelas 1. Halaman 3.

"Ini, ada di pembahasan soal. Tapi gimana caranya ya? Aduhh.. aku tauu ini soal kelas 2."


Gubrraakk!! Pelupa akut. Sampai halaman terakhir yang tersisa hanyalah 3 soal stoikiometri campuran kelas 1 dan kelas 2. MANA KIMIA KARBON-NYA??? Aku sampe capek menghapal rumus Alkohol, Aldehid, Keton, Asam Karboksilat, Ester, Anilin, Amina, dkk. Ngehafal tata nama khusus Benzena. Itu semua kelas 3. Masih untung aku belajar kelas 2 kayak Termokimia, Kesetimbangan, Asam-Basa, dan Struktur Atom. Kalo kelas 1 hanya Rumus Empiris dan Molekul, mencari mol.


Tapii.. Arghh!! Entahlah, mukaku kalut. Antara senang karena belajar kimia habis dan nggak mumet lagi dan sedih kalo usahaku sia-sia dan nggak lolos serta capek berat. Aku, mbak Luluk, mbak Ina, dan mas Arfin segera keluar kelas yang menjadi tempat eksekusi otak dan mata. Kemudian bertemu dengan rombongan anak Kimia SMANSA yakni:

-mbak Dina Agustina,
-mbak Ela,
-mbak Farah,
-mbak Luluk,
-mbak Ina,
-Tanti,
-Rahmi,
-aku,
-Ainun,
-dan cowok sendirian, mas Arfin.


Kami berkumpul berbagi cerita betapa perihnya siksaan soal Kimia. Aku diam saja karena ilmuku nggak sehebat dan selihai mereka. Apalagi kelas 11 IPA senior terakhir yang mencicipi OSK tahun 2011 ini. Mereka bertekad lolos kabupaten. Ini nggak dibatasi oleh kelas 10. Kelas 10 pasti punya sedikit rasa optimis untuk sekedar lolos. Walaupun ada sedikit rasa kecewa nggak bisa ngerjakan soal secara sempurna.


Kekecewaan itu memudar sedikit ketika teman-temanku daari Biologi dan Matematika keluar. Mereka ikut berbagi keceriaan betapa mudahnya soal yang mereka kerjakan. Sebagian bilang aoleng atau ruwet. Sedangkan aku memasrahkan diri saja kepada Yang Kuasa. Aku menikmati roti keju sambil diterpa angin sepoi-sepoi dan hamparan hijau sawah. Aku ingin pulang!!


Begitulah cerita OSK ku yang hancur ini. Menurutku ini berwarna. Karena, ce' sempatnya membagikan kue ke teman-teman lalu mataku bertatapan sama orang yang kukenal dan sok jaim lagi. Huff, pake senyum pula tuh.. Haha.. ya sudah, itulah ceritaku.

No comments:

Post a Comment

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.