Cari

Saturday, May 21

My Chem's: OSK Kimia 2011 Kab. Sumenep

Jam 5 kurang. Aku tersentak. Aku kaget karena ada yang kulupakan, sholat Subuh. Untung aku sigap kekamar mandi untuk mengambil wudhu, sekedar menghilangkan kantuk, dan membuat mukaku segar untuk menghadapi hari Sabtu.

Pagi hari lagi, jam 6.10, aku, dan adikku berangkat ke sekolah diantar ibu. Haha... Untung pagar sekolah belum ditutup. Masih setengahnya. Anak-anak SMAN 1 Sumenep masih berhamburan dengan suara motornya sebagai tanda mereka baru datang.

Pelajaran OSN Kimia dimulai jam setengah 7. Sebagian teman-temanku dari X-1 yang ikut OSN Kimia udah hijrah ke X-7. Masalahnya, tinggal aku, Tanti, Windy, Sari, Icha, dan Sari serta makhluk lainnya *hihi. Kami berkumpul di bangku semen berlapis keramik didepan X-1. Disitulah kami nongkrong sebentar. Mengapa? Aku dan Tanti punya alasan.

1. Pembina OSN Kimia belum nongol di ruang guru,
2. Tidak ada tanda-tanda kedatangan Bapak Pembina. Sebut saja, Pak Wi. Ia daritadi tidak kelihatan di ruang guru.
3. Oleh karena itu, kami nongkrong sebentar. Kalo bapak itu sudah datang, kita cabut ke X-7.

Gubraakk!! Bapak itu datang. Dan kemungkinan beliau udah asyik ngajar. We're comiingg!!!

Sampai di X-7...

"Waduh, Nad.. Pak Wi..." kata Tanti.
"Haduuh.. beremma jhreya??? Takooo' (aduu, gimana nih? takut, Madura)" kataku.

Aku dan Tanti sudah sampai di X-7. Kami cepat-cepat membuka sepatu hitam dan membuangnya ke rak sepatu. Langkahku cepat-cepat sambil mengikuti Tanti. Sampai dibangku..

"Gebuukk!!"

"Aww.." kataku mengaduh. "Aduh, maap! Gak sengaja!" kataku meminta maaf. Ya, insiden sederhana, kejedot kepala vs kepala. That's general.


***


Di X-7, aku memasrahkan diri apa yang terjadi disana. Aku tidak punya pikiran apa-apa, termasuk pengumuman OSK Kimia 2011 waktu itu. Hatiku yang agak kecewa dulu, memang sudah terobati dengan melupakannya. Tapi, ntahlah apa yang terjadi. Malah tes Kimia yang terjadi!!

Tes itu dilaksanakan secara ngebut-ngebutan, menurutku. Yak, trauma terhadap soal OSK yang mayoritas materi kelas 1 atau 2, membuatku terpaksa mengingatnya lagi untuk mengerjakan soal tes agak terburu-buru dan bengong. But, nothing happened that I'm scared about that test. All was okay. Sebagian soal, susah-susah gampang..

Akupun mengumpulkan lembar jawabanku dan Tanti. Disanalah aku dapat kesempatan untuk melihat sebuah kertas yang sepertinya berbau pengumuman OSK. Baunya sangat hambaar.. Karena aku tidak terlalu tertarik lagi mendengarnya.. Ehh, tapii..

Peringkat 1,2,3 adalah manusia-manusia yang menjadi tokoh pengalaman hidup yang tak pernah kulupakan! *lebay ah..

1. Mbak Luluk,
2. Mas Arfin (ralat, ada tuh, nama Moh. RB. Miftahol Arfin, ntu salah, yang bener RB. Moh. Miftahol Arfin),
dan 3. Mbak Dina.

Nama manusia juara OSK Kimia 2011 Kab. Sumenep? Iyakah? Lalu mana namaku, Tanti, mbak Ela, mbak Ina,mbak Farah, Rahmi, Ainun, dkk?? Ku telusuri dari atas ke bawah. Yapp!! Dapatlah namaku berinisial "N" peringkat 7, Nadia Khadijah Putri. Aku lupa nilai berapa! Huaaaa!! Oh.. 31 kayaknya.. Hehe *nggak lucu! Alhamdulillah, apakah ini bohong atau bohong? Tanti dapet peringkat 5, Ainun 10, dan Rahmi 12. Lumayan kali...

Karena aku tak percaya, maka Pak Wi memberikan penjelasan. Diantara 33 nama peserta Kimia se kabupaten Sumenep, maka akan berubah menjadi 23 orang karena faktor tertentu:
1. Dalam dua atau tiga orang, terdapat selisih 1 nilai atau mungkin nilainya sama. Jadi rangking atau peringkatnya sama.
2. Data sebenarnya 33 orang, maka aku berubah peringkat jadi peringkat 9. Rahmi dan Ainun berubah juga kecuali Tanti. Mengapa? Ya itu tadi.

Gak ngerti? Misalnya:

1. Mbak Luluk nilai 50
2. Mas Arfin nilai 48
3. Mbak Dina nilai 44
4. Mbak/mas bla-bla-bla nilai 46
5. Tanti nilai 37
6. Mbak bla-bla-bla nilai 35
7. mas bla-bla-bla nilai 35

Nah, itu mungkin contohnya. Yang bertuliskan huruf tebal.

Jadi, aku nggak kecewa amat kan? Karena masih kelas X, so, that's very general if we can't get the #1. Aku, Tanti, Rahmi, dan Ainun masih belum apa-apa dibanding mereka, rata-rata kelas 11 IPA. Mereka hebat, dan mereka akhirnya bisa dapat kesempatan terakhir untuk ke Surabaya. Lomba disana. Bersaing dengan SMA temanku nun jauh disana... SMAN 3 Pamekasan.

Walaupun dibina 5 hari, peringkat-peringkat yang kusebut tadi sudah hebat! Aku hanya mengisi apa dilembar jawaban? Asal. Berusaha mengisi apa yang pas dimemori otakku. Coba kalo soal nya boleh dibawa pulang. Sudah ku foto habis. Dan kalian geleng-geleng. Huff.. Sulit ya?

But, that's nice! Just 5 days, Ainun bisa membuktikan kalo dia nggak pengen namanya paling bawah! Ternyata, dia peringkat 10!! Huaa... Cool.. She joined intensive Chems just 5 days although she is X grade! If I'm like that, I won't imagine!!! Dan Rahmi, tetap tegar! Ia tegar!!! Pokoknya semuanya "Alhamdulillah"


So, with whom I must say thanks?

3 comments:

  1. Salam sahabat
    Wah seru jyga ya rame rame gitu
    Terima kasih dan maaf telat

    ReplyDelete
  2. nanti mau kuliah di jurusan kimia juga..?

    ReplyDelete

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.