Minggu, Maret 6

5 Tips Makan Sehat dari Negara-negara Tersehat di Dunia

Dalam buku The French Diet: The Secrets of Why French Women Don't Get Fat oleh Michael Montignal, bahwa makanan yang sering dikonsumsi bangsa Asia dan Mediterania memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan dan diperlukan oleh tubuh.


"Orang Cina memilih makanan berupa sayur, buah, serta gandum. Masyarakat Yunani lebih banyak mengonsumsi sayuran dan legumes (sejenis kacang-kacangan) sebagai makanan utama, bukan pelengkap," ujst Antonio Trichopoulou, M.D., Ph.D., profesor di University of Athens Medical School dan Direktur Pusat Nasional WHO. Menurut penelitian, tiga porsi atau lebih gandum dan sayuran serta buah setiap hari dapat mengurangi risiko serangan stroke, jantung, dan beberapa jenis penyakit kanker.


Disamping memperhatikan kebutuhan nutrisi, makan juga harus dinikmati secara perlahan untuk menimbulkan perasaan bahagia. Lalu perhatikan porsi makan Anda. Warga Okinawa akan berhenti makan apabila mereka merasakan perut mereka sudah terisi 80%. Sedangkan orang Prancis makan 25% lebih sedikit dari orang Amerika (dari University of Pennsylvania). Di Jepang, porsi makan dikelola lebih teratur dengan kebiasaan menyajikan makanan dalam wadah yang lebih kecil, bukan piring lebar.


Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan segar. Penelitian membuktikan makanan segar menyediakan banyak serat dan sedikit kalori, kolesterol yang baik dan rendah garam serta gula. Itulah sebabnya mengapa makanan segar sangat dianjurkan. Dan terakhir, jangan lupa untuk memasukkan aneka rempah dalam memasak makanan. Makanan berempah dikenal rendah kalori dan bebas lemak.


Teks: Retno/berbagai jurnal kesehatan


Sumber: Majalah Paras no. 89 tahun VIII Maret 2011 hal. 16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.