Cari

Friday, November 26

Bahasa Indonesia : Macam-macam Berita

Kamu pasti kenal banget namanya berita. YUp dong! Wong tiap hari disuguhin berita, baik itu dari televisi, koran, radio, atau dari temenmu sendiri.

Nah, saking kenalnya kamu sama "Berita", kamu juga mesti tau kalo berita yang sering disuguhkan setiap hari itu dikelompokkan beberapa macam. Dan salah satunya, kamu bakal nemuin berita investigasi atau reportase seperti yang ada di stasiun tivi swasta.

Oke.. ini dia macam-macam berita. Sumber dari Ibu Yayuk Ribut Suci Rahayu, S. Pd, guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Sumenep Madura kelas X. Berikut ulasannya *bahasanya neng....

1. Berita fakta peristiwa

Nah, berita fakta peristiwa ini berita yang isinya berupa peristiwa yang didukung oleh fakta yang sesuai dengan kebenaran atau benar-benar terjadi. Jangan percaya kata temenmu kalo berita fakta peristiwa itu dari opini orang alias pendapat. Tauk ah kalo dari ngegosip. Hihihi...


2. Berita fakta pendapat

Kalo yang ini, baru... Berita fakta peristiwa yakni berita yang isinya suatu peristiwa yang didukung oleh pendapat narasumber-narasumber. Pendapat tersebut sebagai medium (alat).


3. Berita fakta peristiwa pendapat

Apaan tuh? Panjang amat... Hiyy... berita campuran kali ya?
Ehh... Bukaaann!!! Jangan ngacir duluu.. Berita fakta peristiwa pendapat ini berita yang isinya fakta, memiliki kebenaran dan didukung oleh pendapat narasumber.


4. Berita investigasi


Kamu tau program acara berita Investigasi di SCTV atau distasiun tivi lainnya? Kalo di SCTV namanya SIGI kalo ga salah *dan moga contohnya jangan salah juga. Berita investigasi merupakan berita yang memberikan penjelasan dari sebuah berita atau memberikan rincian.


5. Berita interpreted

Apa lagi ini? Interpreted, kayaknya kamu dan *akuuww juga.. hehe gak pernah mendengar nama berita ini. Ya udah, nih berita interpreted. Berita interpreted adalah berita yang isinya menyampaikan peristiwa dengan penjelasan peristiwa-peristiwa lama.

Apa contohnya? Hmm... coba deh buka koran lama tentang kehidupan dunia artis. Pasti ada peristiwa yang kita anggap udah lama banget jika dibuka sekarang.

Bingung? Tanya ke guru anda. Wkwkwk...

Udah cuma segitu?

Ya nggak lah... 2 lagi..


6. Berita interpretatif

Berita interpretatif yakni berita yang isinya berupa komentar dengan cara menduga-duga. Mau tau contohnya? Coba pakai analisis dan kritismu dengan menonton berita tiap saat. Minimal 3x sehari *emang makan dan mandi. Karena, dalam berita tersebut pasti lagi kesohor banget berita oppung *eh.. lae (dalam bahasa Batak, adik/abang/saudara) Gayus Tambunan. Pasti banyak komentar para pemirsa dirumah ataupun komentar para aparat yang ngomong ditivi tersebut.


7. Reportase
Nah.. kalo rajin bangun pagi dan ngeliat tivi TransTV. Yakin deh, tau sama Reportase pagi. Ga tau ya, hari Sabtu atau Minggu. Hanya kamu yang tau. Itulah contoh berita Reportase. Ada juga dikoran berita reportase. Tapi sebaiknya kamu menggunakan analisis dan kritis dalam meneliti. Insya Allah dapet... :)

Pengertian Reportase sendiri adalah berita yang menyampaikan informasi berupa peristiwa dengan cara menyampaikan yang penting-penting saja. Atau, bisa disebut juga berita inti.



Nah... itulah macam-macam berita. Kalo ada yang ga ngerti, silakan rujuk postingan ini ke guru bahasa Indonesiamu. Atau, komentar dumzzz *pastinya..

Thanks yaaa.. Kalo ada yang salah ngelapor kesini!!
^_^

9 comments:

  1. salam sahabat
    memeng bener erita itu ragam coraknya kita temui dari sini kita juga mengetahui macam macam berita dan tanpa kita sadari kita juga dapat berperan menjadi berita,good posting

    ReplyDelete
  2. yulianti said : waaah ini info yang sangat berguna sekali..salam kenal yaaa..
    aku tgguuu juga kunjungannya di www.uliearieph.blogspot.com..
    mumpung aku lg lomba blog mohon ksi komentar pula ya ..makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  3. abis dapet pelajaran di sekolah ya..:3

    ReplyDelete
  4. ternyata banyak ya jenis dari berita
    biasanya ak cm asik dengerin berita tp gak tau jenis2nya hehe

    ReplyDelete
  5. "Berita interpreted"? Bukankah "interpreted" itu kosakata bahasa Inggris? Mengapa ada kata "interpreted" di bahasa Indonesia? Akhirnya pengertiannya pun jadi multitafsir, apakah berarti "berita yang telah lampau", atau "berita lama yang diangkat kembali ke dalam sebuah berita baru", atau justru pengertian yang lainnya?

    Mungkin pembagian berita di artikel http://www.pks-jaksel.or.id/Article1156.html lebih masuk akal. Di artikel tersebut, berita dibagi menurut seberapa luas dan seberapa khusus berita tersebut.

    Ribet :))

    ReplyDelete
  6. uwah makasih ibu guru q^,^p

    ReplyDelete

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.