Jumat, November 26

Bahasa Indonesia : Macam-macam Berita

Kamu pasti kenal banget namanya berita. YUp dong! Wong tiap hari disuguhin berita, baik itu dari televisi, koran, radio, atau dari temenmu sendiri.

Nah, saking kenalnya kamu sama "Berita", kamu juga mesti tau kalo berita yang sering disuguhkan setiap hari itu dikelompokkan beberapa macam. Dan salah satunya, kamu bakal nemuin berita investigasi atau reportase seperti yang ada di stasiun tivi swasta.

Oke.. ini dia macam-macam berita. Sumber dari Ibu Yayuk Ribut Suci Rahayu, S. Pd, guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Sumenep Madura kelas X. Berikut ulasannya *bahasanya neng....

1. Berita fakta peristiwa

Nah, berita fakta peristiwa ini berita yang isinya berupa peristiwa yang didukung oleh fakta yang sesuai dengan kebenaran atau benar-benar terjadi. Jangan percaya kata temenmu kalo berita fakta peristiwa itu dari opini orang alias pendapat. Tauk ah kalo dari ngegosip. Hihihi...


2. Berita fakta pendapat

Kalo yang ini, baru... Berita fakta peristiwa yakni berita yang isinya suatu peristiwa yang didukung oleh pendapat narasumber-narasumber. Pendapat tersebut sebagai medium (alat).


3. Berita fakta peristiwa pendapat

Apaan tuh? Panjang amat... Hiyy... berita campuran kali ya?
Ehh... Bukaaann!!! Jangan ngacir duluu.. Berita fakta peristiwa pendapat ini berita yang isinya fakta, memiliki kebenaran dan didukung oleh pendapat narasumber.


4. Berita investigasi


Kamu tau program acara berita Investigasi di SCTV atau distasiun tivi lainnya? Kalo di SCTV namanya SIGI kalo ga salah *dan moga contohnya jangan salah juga. Berita investigasi merupakan berita yang memberikan penjelasan dari sebuah berita atau memberikan rincian.


5. Berita interpreted

Apa lagi ini? Interpreted, kayaknya kamu dan *akuuww juga.. hehe gak pernah mendengar nama berita ini. Ya udah, nih berita interpreted. Berita interpreted adalah berita yang isinya menyampaikan peristiwa dengan penjelasan peristiwa-peristiwa lama.

Apa contohnya? Hmm... coba deh buka koran lama tentang kehidupan dunia artis. Pasti ada peristiwa yang kita anggap udah lama banget jika dibuka sekarang.

Bingung? Tanya ke guru anda. Wkwkwk...

Udah cuma segitu?

Ya nggak lah... 2 lagi..


6. Berita interpretatif

Berita interpretatif yakni berita yang isinya berupa komentar dengan cara menduga-duga. Mau tau contohnya? Coba pakai analisis dan kritismu dengan menonton berita tiap saat. Minimal 3x sehari *emang makan dan mandi. Karena, dalam berita tersebut pasti lagi kesohor banget berita oppung *eh.. lae (dalam bahasa Batak, adik/abang/saudara) Gayus Tambunan. Pasti banyak komentar para pemirsa dirumah ataupun komentar para aparat yang ngomong ditivi tersebut.


7. Reportase
Nah.. kalo rajin bangun pagi dan ngeliat tivi TransTV. Yakin deh, tau sama Reportase pagi. Ga tau ya, hari Sabtu atau Minggu. Hanya kamu yang tau. Itulah contoh berita Reportase. Ada juga dikoran berita reportase. Tapi sebaiknya kamu menggunakan analisis dan kritis dalam meneliti. Insya Allah dapet... :)

Pengertian Reportase sendiri adalah berita yang menyampaikan informasi berupa peristiwa dengan cara menyampaikan yang penting-penting saja. Atau, bisa disebut juga berita inti.



Nah... itulah macam-macam berita. Kalo ada yang ga ngerti, silakan rujuk postingan ini ke guru bahasa Indonesiamu. Atau, komentar dumzzz *pastinya..

Thanks yaaa.. Kalo ada yang salah ngelapor kesini!!
^_^

Minggu, November 21

Arti Sesal

I
Sebuah penyesalan
mataku tertunduk ketanah...
leherku tak lelahnya menunduk, dan akupun murung
satu hal yang tak bisa kuucap padanya,
yang berkuasa
ketika semuanya telah berlalu dan selalu diungkit lagi
maka aku hanya menunduk
ikut menyesali


II
Entah, tujuan mana yang akan kau tuju malam ini
kau duduk terpaku sendiri menatap cemara udang didepan kelas
tak sadarkah, pikiranmu kosong melompong?


III
Aku lelah selalu berkhayal dan bermimpi
ketika didunia nyata aku terjatuh perih
hatiku menjerit-jerit, dimana mimpi-mimpi
dan harapan hanyalah harapan


IV
Bunda, aku tak mengerti apa pikiranmu
kau selalu bekerja 12 jam demi meneruskan karirmu
tapi, aku disini kekeringan...
tiada hari bahagia lagi,

Bunda...
kau bekerja bagaikan robot...
kau bukan superkomputer..

BUnda.. cepatlah pulang...
kami menunggumu disini...
aku menyesal jika kau selalu bekerja 12 jam...

Rabu, November 17

Pengalaman Workshop Astronomi

Hari Minggu pagi jam setengah 8, aku tergesa-gesa banget nyampe gerbang Pendopo Sumenep. Takut, sosialisasi atau workshop yang kurang jelas diumumkan bu Tanti (hehe..) itu udah dimulai. Nyampe dikomplek pendopo, jantungku mau copot ketika anak-anak X-1 pada berhamburan keluar.

"Ini mau ngapaiiinn ya...??," tanyaku. Terus aku panggil aja Rahmi. Dan ternyata, Rahmi dkk ga akan kemana. Mereka nongkrong di bundaran taman dan ngerubungin.
"Nad.. bawa itu??" Mungkin yang dimaksud benda buat narsisan alias kamera. AKu mengangguk iya dan spontan mereka ngerebut. Haduuhhh... Mereka mintol (minta tolong) ke Ferdy buat memfoto kami.
Jepreetttt....


Yah.. inilah dia foto-foto aku dan teman-temanku waktu di Pendopo Sumenep, dekatnya Kantor Dinas Pariwisata Kel. Pajagalan Sumenep. Liat nih satu lagi..

Ini yang foto bukan aku! Temenku namanya Ainun.. Jaraknya kejauhan memang.. Tapi, biar keliatan semua makhluknya. Hahaha

O ya, di keraton itu kami sempat banget foto-foto berbagai macam gaya. hahahaha.. Anak-anak yang udah pada kenal gaya emo alias emostyle. Ya udah, langsung.. Ada juga sih yang belum kenal. Tapi.. langsung dehhh!!!


Nah, kalo yang ini kelihatannya emo banget. Kan, diedit pake Photoscape 3.5, jadi ada kesan cuek atau gimana gitu.. Hahahaha.. Ini di Taman Sare (Taman Sari) disebelah timur (kayaknya) bangunan Keraton Sumenep.

Ini bareng anak-anak X-1. Aku pake jilbab hitam sebelah kanan.

Gaya sakit kepala. Haduhhh.. >,<" Kecapekan.. Duduk dyeehh... Fyuhhh....
Plend-plend ku yang unik. Aku dipinggir kiri lagi. Yahhh....

Ini nih.. Aku lupa. Taman Sare tadi punya mitos. Kalo penunggunya itu adalah ikan-ikan yang kufoto ini! Siapa yang ngambil bakal kualat. Waduhhh

Malam harinya....

Workshop Astronomi, diadakan oleh Ikatan Alumni SMAN 1 Sumenep (IKA SMANSA) dan mendatangkan narasumber ahli astronomi Indonesia asal ITB Bandung yang kebetulan punya koneksi dengan orang penting di Sumenep. Saya lupa banget nih namanya, padahal namanya gampang diingat. Haduuhh..

Yang diatas ini Bapak Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim. Tampak bijak banget ya, dan waktu berpidato, ga nyadar kita yang ngeliat itu kertas buaannyaak banget. Berlembar-lembar.. Tapi isi pidatonya bagus kok.. Hehehe...

Para tamu yang terhormat. Ada pula guru yang mendampingi kami. Waktu itu yang ngikutin workshop ini kelas X-1 sama XI IPA 3..

Ahli Astronomi asal ITB ini sedang menjelaskan tentang tata surya dan bintang-bintang yang ada dilangit. Dalam presentasinya, masih ada lohh planet yang lebih besar dari Bumi, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, serta Matahari (yang selama ini kita anggap paling panas, paling terang, dan paling besar). Apa? Ah.. cari aja di Google, saya udha lupa.. Wkwkwk (penonton kecewa)

Tapi, setelah dicari di Google, bintang yang paling besar yang ditemukan oleh para astronom adalah bintang R136a1. Ada lagi, kalo seingat saya bintang Centaur. Hmm.. pokoknya saya lupa dan nyesel ga catat bintang apa aja yang paling gede.

Terus, ada lagi diputar film tentang dahsyatnya kekuatan badai matahari dan juga cara kerja matahari tiap hari diluar pemikiran (pastinya, mikir aja nggak) dan dugaan kita. Film itu membuatku melayang jauh, jatuh karena sulit untuk mencerna gimana sih dahsyatnya alam yang belum diketahui semua apa aja didalamnya. Termasuk bintang, matahari, dan ruang hampa yang masih banyak kumpulan galaksinya. Udah gitu, kata di presentasi bapak tersebut, masih ada galaksi lain selain Milky Way.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1431 H

Dikala pagi angin bersemilir dingin
mentari pagi masih sembunyi dibalik awan lembayung
embun masih bergantung
suara takbir menggema-gema


Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar!

Mataku yang terpejam lelap terbangun
menyambut azan Subuh dan melangkah kaki
mengambil wudhu...
membelalakkan mata, hari ini hari raya
kambing dan sapi menunggu kami menyunggingkan senyum beribadah
"Ayo dong, cepatan," kata mereka.

Dan... aku berkumpul dengan kawan-kawan di depan SMA. Sholat Idul Adha bersama, merangkum ceramah pak Ustadz demi tugas, pulang membawa senyuman...

Hari ini... Hari Raya Idul Adha *ga telat ngucapin kan?
So, Return to My Blogg mengucapkan....

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1431 H (2010 Masehi).
semoga hari raya kurban ini kita bisa menumbuhkan sifat saling membagi dan toleransi kepada sesama umat Muslim."


Amiieenn Yaa Robbal 'Alamiinnn!!
^_^

Jumat, November 12

Festival BLOG 2010, blogging photo and all

Waduh... lumayan nih ikutan Festival Blog "Internet Sehat Bikin Hebat". Boleh diperhitungkan tuh..

Hmm.. Perasaanku saat melihat informasi festival blog yang bertema positif ini bikin aku tergugah untuk berpartisipasi. Gimana nggak? Sebagai anak bangsa.. *ehem.. masok ka bangsa, kan mestinya membuat sesuatu yang terbaik atau dianggap baik untuk bangsa sendiri. Gitu deh kira-kira.

Nggak cukup ikutan festival ini, jauh-jauh hari malah aku pengen ikutan lomba blog, apapun temanya. Tapi ya.... Yang penting postingan itu mesti menarik, inovatif, de el el laaahhh... Terus, kriteria juga cukup mengagetkan aku.. aku kan tanggal 10 Desember masih Ujian Semester 1 di SMAN 1 Sumenep... Haduhhh.... Mending sekarang, jha' ngeluh..

Gimana ya tanggapan ku sama festival blog ini? Menarik deh... Setelah kupikir, ternyata ada misi terselubung disini... Selain mempromosikan blog dan tulisan si blogger, tapi juga pelan-pelan menumpas blog yang berpostingan "aneh" bahkan "ga keren, kampungan!" Ngerti kan? Blog dari postingan yang kuanggap tidak berperikemanusiaan itu malah bikin generasi anak bangsa seumuranku (bahkan seumuran adikku atau dibawahnya) menjadi berpikiran pendek dan macem-macem serta malahan pikiran anak tersebut jadi ngeres bahkan sok tau ini-itu... Liat aja ya, apa efeknya membuka postingan aneh dan lain-lain itu.

Akibatnya sih, kita udah pada tau apa saja yang akan ditimbulkan dimasyarakat, bahkan didalam rumah. Makanya, Festival Blog 2010 diadakan... keren banget tuh yang ngadain!!

Internet Sehat Bikin Hebat ini ternyata cocok dan pas gitu deh sama blogger pemula kayak aku. Kan, awalnya aku berinisiatif untuk membuat blog ini lebih baik, diisi postingan berupa puisi, curhat, dan pelajaran.

Selain itu, kalo aku ikutan Festival blog ini, aku harap bisa memposting postingan macem-macem kayak puisi, materi pelajaran dan foto. Dan biasanya, postingan blog selain yang kusebut itu ramai dikunjungin juga loh! Tapi yang postingan positif... Semoga aja, panitianya ngebolehin postingan yang kayak gini....


Jerapah, Taman Safari Pringgen Pandaan Malang Jawa Timur


Black, white, grey, rumahku on Pabian Sumenep Madura


Asoka merah


Editing with Photoscape
*foto yang sudah diunggah diatur kembali ukuran custom

Yah... ini foto hasil jepretanku sendiri. Ada yang natural (tanpa edit) dan ada yang pake edit (editan Photoscape). Orang yang mengunjungi blog ini, pasti mengapresiasikan pendapatnya melalui komentar atau kritik. Ehem.. kalo yang ini pasti diketawain...


Hahaha... ini foto waktu perpisahan MOS di SMAN 1 Sumenep, terlalu kelihatan editannya. Tools nya itu ACD See Photo Manager 12. Hihihi.. tauk apa yang mau dibilang panitia via e-mail nanti... ^_^"

Senin, November 8

Seandainya kau tahu

Seandainya, kau harus tahu
kalo aku merindukanmu... (sieehh.. siapaan tuh?)

Seandainya, kau tahu
kalo aku ini memujamu diam-diam...

Seandainya, kau tahu
kalo aku ini selalu membayangkanmu...
Seandainya kau mengerti...
bahwa aku ini hanyalah cewek biasa...

Seandainya kau mengerti..
aku hanya serpihan sesal dari hatimu,
yang hanya dibutuhkan saat kau sepi,
kau termakan oleh sepi dan masa lalu penuh warna itu!!!

Seandainya kau mengerti...
aku hanya menganggapmu sahabat sejati...
mungkin kau takkan pernah ada dalam hidupku,
hatiku...
cintaku...
rasaku...
Tuhan, dimana otak tengah-memori itu?

Ijaa... Yona... Debby... Tessa.. Agung.. Ahong.. Wiwik.. Dina... Nesi... Rosi... kalian dimana? Aku hanyalah serpihan ceria dari masa lalu SD kita!
SDN 1 Kutacane Aceh Tenggara NAD...
Dimana kamu, Ija?
Dimana kamu Yona?
Dimana kamu-kalian semuaa??
Perlukah ku sebut nama lengkap kalian? *habis.. nyari kalian di Facebook ga ada sih.. >,<"
Apa aku hanyalah serpihan dan kepingan masa lalu yang mudah dilupakan?

Dimana semuanya.. apakah harus hilang seketika??
saat bumi ini harus diterkam awan-awan berderajat tinggi dan kesuraman moral..
mana keceriaan yang harus bersatu itu?
apa semua masa lalu harus dianggap oleh kota mati memori,
tersibak dalam kain hitam kesibukan wajahmu sekarang??

Rabu, November 3

Ibu pertiwi 1

Ku lepas dari pelukan alam...
Wedhus gembhel takkan pernah beristirahat,
getaran seismogenik takkan pernah musnah; bagai energi
dan...
pohon menjerit
beristirahat dan berdiri gagah diantara tanah subur


Tuhan...
dimana ibu pertiwi sekarang??
apakah... banyak sangat dosa bangsa ini?
Apaa... lama kelamaan awan putih kapas akan berubah menjadi Wedhus gembhel?


Tuhan...
dimana anak ibu pertiwi sekarang??
dilema oleh ketidakpedulian sekecil plankton
dibuai dalam buaian modernisme...
apa yang membuat matahati, matahati lainnya akan mati...
dalam buaian,
anak ibu pertiwi hilang dan timbul...
bepergian tanpa izin rakyatnya, mengulum senyum dinegara Eropa...
matahari pun bersinar enggan melepas senyum kepedihan padamu??


Ibu pertiwi...
jika ada anakmu yang amat sayang padamu...
berilah berkah kehidupan, ridhoi kami yang selalu membela dalam kesusahan...
dicaci
dimaki
diremehkan
dipandang bodoh
dikira kurang kerjaan
dikira sok suci
dikira macam-macam, merekalah yang berkata, biarlah..
mohonlah pada Tuhan ibu...
berilah kami sedikit nyawa untuk menyatukan hati dan bangsa ini...


Ibu pertiwi...
dalam sujud ketika tahajud malam, aku bersimpuh
menangis berair-air hingga sembap
apa dosa kami yang membela rakyat susah ibu??