Cari

Friday, October 1

Ikatan Kimia (Chemical Bonds)

Ikatan kimia itu apaan yah?
Selain ikatan kimia, ada apa lagi?

1. Ikatan Kimia itu apa?
Oww.. menurut buku kimia SMA kelas X versi bilingual, Chemistry for Senior High School Year X (Penerbit Yudhistira) bilang kalo ikatan kimia adalah ikatan yang terjadi antara atom-atom yang membentuk molekul. Atomnya bisa berasal dari unsur yang sama atau yang berlainan jenis.

Terus, apa lagi? Penasaran aku...

Nah, ikatan kimia ini kan terdiri atas atom yang membentuk molekul, atom itu bisa berasal dari unsur yang sama atau berbeda (nggak sama atau sejenis) . Jadi, unsur yang sejenis dan nggak sejenis ini termasuk dalam bagan ikatan kimia juga.

Kalo, unsur-unsur sejenis itu akan membentuk molekul unsur. Contohnya ya, O (atom O) dan O (atom O) apabila berikatan menjadi O2 (2 ini angka indeks dari O yang seharusnya ditaroh dibawah, cuma nggak kayak pengaturan Word 2003, jadi kayak gitu sementara...^_^). Tau kan O2? Dan unsur-unsur nggak sejenis itu akan membentuk membentuk molekul senyawa atau disebut juga senyawa. Contohnya kayak H2O kalo diuraikan menjadi H + O (penjelasan lebih lanjut kenapa H itu jadi H2 sedangkan O cuma 1 doang itu akan dijelasin di pembahasan Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen). Gawat kalo ga tau H2O... Hihi...

2. Kestabilan unsur pada gas mulia
Di alam, umumnya unsur-unsur itu cenderung saling berikatan membentuk senyawa, kecuali gas-gas mulia. Bukannya gas-gas suci gitu! Bukan... Gas-gas mulia itu gas-gas (ga keliatan mas.. hihi) yang terletak di Gol. VIII A, dimana, golongan tersebut tidak menerima elektron (affinitas elektron). Hal itu dilakukan supaya gas-gas tersebut mencapai kestabilan konfigurasi elektron. Tapi, sekarang banyak kok gas mulia yang membentuk senyawa... Beneran nih, coba tanya ke guru kimia atau guru IPA... Guru kimiaku juga bilang gitu kok...

Ooo.. gitu toh.. terus?

Atom-atom dikelompokkan menjadi atom logam, nonlogam, semi logam, dan gas mulia. Atom gas mulia itu sifatnya stabil loh... Tapi, atom-atom selain gas mulia nggak stabil. Kenapa ya? Atom-atom gas mulia sifatnya stabil karena kulit terluar (elektron valensi) terisi penuh oleh elektron. Misalnya atom Ar (gas Argon) bernomor atom (Z)=18.

K L M Elektron valensi (kulit luar)
18Ar 2 8 8 8

Penuh kan? Nggak ada angka pada elektron valensi dibawah 8?
Ada lagi istilah buat elektron valensi, kalo elektron valensinya 2 (khusus bagan K), maka disebut duplet. Kalo elektron valensinya 8 (kayak contoh Ar tadi), maka disebut oktet.

3. Cara atom-atom yang tidak stabil mencapai kestabilannya
Terus gimana kalo atom atau unsur-unsur lain yang nggak terletak di Gol. VIII A? Apa dibiarin gitu? *Ya nggak laaa...

Unsur yang tidak memiliki konfigurasi elektron yang stabil, berusaha sekuat tenaga untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil. Keren tuh, gimana caranya?
1. Melepas elektron,
2. Menerima elektron,
3. Memakai bersama pasangan elektron... itu penjelasan Pak Wi waktu pelajaran kimia di X-1.

Nah, syarat untuk melepas dan menerima elektron itu terletak pada elektron valensinya loh.. Jika elektron valensi dibawah 4, maka akan cenderung melepas. Sedangkan jika elektron valensi diatas 4, maka akan cenderung menerima. Ada lagi, jika elektron valensi = 4, bisa menerima, bisa melepas, tapi cenderung menerima.
Contohnya:
a. 3Li = 2 1 (melepas 1e)
menjadi Li+ = 2, 2 itu elektron yang penuh

b. 11Na = 2 8 1 (melepas 1e)
menjadi Na+ = 2 8

c. 20Ca = 2 8 8 2 (melepas 2e)
menjadi Ca2+ = 2 8 8

d. 9F = 2 7 (menerima 1e)
menjadi F- = 2 8

e. 8O = 2 6 (menerima 2e)
menjadi O2- = 2 8

*Ingat, semua contoh tersebut masih ada kesalahan penempatan tanda - dan + karena tidak ada fasilitas pembuatan tanda pangkat dan angka indeks. Jadi jangan bingung ya...

4. Simbol Lewis
Oo.. Aku puyeng sama penjelasanmu... Yang lain kek, apa gitu. Katanya ada simbol-simbol apa gitu... Simbol ga jelas (ga jelas namanya atau ngingatnya?)

Oke, itu namanya Simbol Akang Lewis. Hehe, Simbol Lewis ding... Simbol Lewis ini untuk memudahkan kita dalam mempelajari ikatan kimia antar atom, dapatlah digunakan Simbol Lewis yang menggambarkan elektron valensi suatu atom. Cara penulisannya adalah sebagai berikut.
1. Tuliskan simbol atomnya (ya iyalah, kalo ga ditulis mana bisa digambar simbolnya?),
2. Tempatkan titik mengelilingi simbol atomnya maksimum sampai dengan 4 titik. Titik selanjutnya ditempatkan berpasangan dengan titik sebelumnya sampai mencapai konfigurasi oktet (konfigurasi 8),
3. Setiap titik mewakili satu elektron yang ada pada kulit terluar atom tersebut. Tanda titik (.) bisa diganti tanda silang or cross (x), lingkaran (bulet-bulet dah.. o), de el el.. Terserah kamu mau digambar lambang Konoha pun boleh-boleh saja ^_^.

Atom-atom unsur segolongan juga punya simbol Lewis yang sama lohh!! Untuk selanjutnya, silakan tanya ke bapak/ibu guru IPA, fisika, biologi, ataupun kimia. Kalo udah nggak sekolah lagi, silakan bayangkan gimana penempatan simbol tersebut. Simbolnya tidak boleh jauh-jauh dari unsurnya. COntohnya:
.
.X.
. Gambar itu menggambarkan golongan IVA. Gimana, bisa ngebayangin? Cuma yang perlu diperhatikan, penempatan dua titik atas bawah emang agak kejauhan karena pake spasi enter. Hehe....

Sampe disini dulu dahh.... Silakan kalo mau protes-protes atau tanya, komen yacchh!!!
Atau lebih lanjutnya, silakan tanya ke bapak/ibu guru pengajar Kimia atau IPA disekolahmu, mana tau lebih lengkap dan jelas daripada ini...

*Puh... lesso aku ngetiknya. Nyaris dua jam cuma ngetik subbab ini.

2 comments:

  1. lengkap... tapi aku msih kurang ngertI..

    ReplyDelete
  2. ichsan: aku gak ngerti

    ReplyDelete

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.