Cari

Sunday, October 31

Tips sehat ala Re2myblogg

Aku seorang siswi di SMAN 1 Sumenep Madura kelas X-1 *jujur lek! Nah... sebagai anak sekolah, tentunya aku punya trik biar sehat tapi sepele dan sering diremehin orang. Apa??


Jalan kaki (dengan teman-teman) waktu pulang sekolah!!
^_^


Menyenangkan banget tau!! Selain bisa ketawa dan seru-seruan dijalan, bisa juga dapet sehatnya dan menyegarkan badan pegal yang hampir setengah hari belajar disekolah. Kebetulan pulangnya jam 3 sore, dan berangkat sekolahnya jam 6.10 pagi karena bel jam 6.15. Selain itu, ada juga bonus mendapat sinar matahari sore dan udara sore yang agak sejuk ketimbang pulang sekolah jalan kaki siang dengan udara yang panas.

Ga cuma itu, sebelum teman-teman pada go out dari sekolah, sebagian teman-temanku nunggu di depan pintu gerbang sekolah, sekalian ngumpul-ngumpul. Otomatis, muka kita kena matahari *dan sebagian temanku gak nahan panasnya.. Hehee..

Triknya dari aku yakni:
1. Karena sekolah SMAN 1 belnya jam 6.15, maka harus bangun jam setengah 5 atau jam 4, sekalian sholat Subuh dan belajar. Sholat Subuh ini selain menyegarkan tubuh dan pikiran, juga mendekatkan diri kepada Allah SWT. dan juga pengen kegiatan atau aktivitas pagi yang akan dilakukan direstui dan diridhoi Allah SWT. Terus, selesai sholat Subuh biasanya aku belajar. Kan badan udah seger dan pikiran terasa plong, ada baiknya diisi dengan hal-hal yang berguna kayak belajar. Minimal sekedar buka buku pelajaran atau menghafal kalo ada ulangan..

2. Makan pagi alias sarapan. Perlu banget, karena selesai belajar semua bahan-bahan nutrisi dalam tubuh terkuras karena belajar. Kebetulan juga, saat belajar juga bisa bikin perut keroncongan. Jadi, bagus banget kalo kita segera makan pagi, apalagi banyak dan nggak terlalu menguras perut.

3. Mandi pagi.
Badan kita yang terkena debu-debu atau kotoran yang ada dikasur harus dibersihkan dengan sabun. Jangan lupa, kalo mandi gosok gigi, biar kuman dimulut pada hilang. Sebelumnya mulut pada saat bangun pagi berbau naga *haaaahhhh... Bauuu.. Hehe... Tapi, ada juga pada saat bangun pagi mengambil air wudhu untuk berkumur-kumur, membersihkan hidung dsb (ada 3 bagian dalam sunah wudhu, cuci tangan, kumur-kumur, sama bersihin hidung).

4. Setelah seger-segernya mandi, tentunya pake baju seragam sekolah dong. Yang rapi dan necis... Biar keliatan mau sekolah.

5. Nah... kalo yang ini sih tergantung orangnya.. Setelah segernya mandi langsung meriksa buku apa ada yang kurang atau nggak, nyiapin bekal buat dibawa kesekolah (karena sekolah pulang jam 3), dan setelah selesai semua, langsung pasang jilbab yang rapi. Beda ama yang pake baju tadi, karena kalo langsung pake jilbab waktu pake seragam sekolah, takut kepanasan terus keringatan. Huh.. lesso lajuu... Selesai itu, pake sepatu sekolah.

6. Cabut kesekolah!! Dianterin ayah atau ibu.

7. Pulang sekolahnya, ya udah dehh... jalan kaki dari sekolah ke depan Telkom atau didepan toko Mastasek Pabian... Itupun kalo nggak ada becak atau mobil angkot, kalo ada terpaksa naik becak atau mobil angkot..


Hmm... kayaknya ini dehh tips dan trik sehat waktu sekolah. Didalam kelas kalo misalnya nggak ada guru, ya sebaiknya nggak mikir yang berat-berat supaya sampe dirumah nggak terlalu kecapekan dan bisa ngerjain PR atau belajar waktu sore. Dan, nggak dilupain juga istirahat, biar semua pikiran yang terus jalan jadi berhenti sejenak... *kasian dong badan, hampir setengah hari disekolah belajar, ini-itu de el el...



Postingan ini dibuat untuk mengikuti Giveaway Di Fanda and Fitness. Pengen banget dapet buku The Kite Runner nya... Kayaknya keren tuh novelnya.. Untungnya blognya mbak Fanda udah di follow dengan namaku Return to My Blogg, http://re2myblogg.blogspot.com

blognya mbak Fanda and Fitness (dengan artikel Giveaway di Fanda and Fitness) : http://fandafitness.blogspot.com/2010/09/giveaway-di-fanda-and-fitness.html

Tuesday, October 26

Ya Robbi.. kenapa aku?

ku tau aku bodoh
ku tau aku lugu
ku tau aku harus berusaha
ku tau aku harus mendapatkan yang terbaik
dan ku tau apa yang kulakukan
ku tau apa kesalahanku
dan kau pun tau,
kau juga melakukan seperti tadi..
salah, lugu, bodoh, harus berusaha, mendapatkan yang baik, tau apa yang dilakukan
ngelakuin kesalahan...
Yang penting kita masih dianggap manusia...


Yahh.. hanya hari inilah hari terakhir pengharapan pada kertas, pensil dan pikiran untuk mendapatkan angka puluhan yang dianggap orang itu nilai. Mau dibilang tuntas, atau nggak itulah yang bikin aku nyaris putus asa dengan pelajaran yang satu ini..

Ya Allah.. Ya Robbi.. hamba hanya pasrah padamu.. Engkaulah yang punya Qudrat dan Iradat yang akan nentuin aku remedi Matematika atau pelajaran lain yang remedi atau nggak.. Hamba udah berusaha biar nggak remedi pas Matematika, tapi kenapa selalu ada dua atau tiga soal yang cekak atau buntu...?? Apa konektor otakku kurang canggih dan tajam untuk ngolah dan mengingat angka-angka ketimbang mengingat atau mengolah kata-kata dan menghafal? Arhh.. hamba pasrah ya Allah.. Berapapun itu, apapun itu...

Ku terima saja waktu hari Sabtu pas terima rapor sisipan nanti... Apapun yang terjadi... aku akan belajar sebaik dan seserius mungkin supaya aku bisa mendapatkan nilai yang lebih baik!!! Aku mesti mengandalkan apa yang aku punya, walaupun kelemahan pada angka-angka susah untuk dihilangkan...

Maafkan aku sahabat, walaupun kau yang udah ngajarin aku belajar Matematika atau memahami Fisika.. aku tetap nggak ngerti.. Ntah, apa yang salah sama otakku ini..

AKu gak genaaaaaa!!!!!! Aku bingguuungggg!!!!!!!! Masa aku hanya mengandalkan olahraga dan sastra (nggak jelas, kurang mendukung katanya...) aja??? APa sih maksudnya???

Hanya Allah SWT. yang mampu menjawab resahku tanpa komentar disini... Dan... hanya kawan-kawan sekalian yang baca ini yang bikin aku semangat lagi...

Komentar yaaa!!!!

Wednesday, October 20

Ketemu dehh!!

Dan ku hanya melihatmu dibalik pohon kering kerontang,
berdahan seperti kayu bakar hitam legam..
diantara pula bunga-bunga bermekaran didepan kelas,
kau makin cepat langkahnya menyusuri lorong kelas sebelas


Hanya kutau dirimu,
wajahmu tak terlihat dari dekat
tapi namamu terpampang di papan nilai ujian...
ku kira kau siapa? namamu memang familiar nampaknya..
ternyata..
kau sahabat lamaku!!!


Telah lama kucari kau tak ada...
ku tanya kepada temanmu kau pergi entah kemana...
ku tanya kepada kembang sepatu oranye pun ia bilang dia hilang...
ternyata ada disini kau!!


Adikku yang lagi bobok... hehehe

Itukah??

Ku tau malam ini bukanlah malam yang dingin
dengan semilir angin yang berhembus dari kawat kasa berkarat...
hanyalah awan gelap yang menyelimuti rumahku dan kampungku,
sekedar penanda bahwa malam ini adalah malam yang makin larut
seiring rotasinya bumi...


Ahh.. aku tak mengerti,
ketika siang, kau berubah menjadi orang besar berbalut rok abu-abu..
tingkah ayu, welas asih, tutur sopan bak orang Keraton Solo
pulang sekolah kau bantu orang tua sambil meminta do'a agar ilmu dari sekolah berguna
tapi malam makin larut
kau menjadi dan berubah glamor, pesta ala GLee dari Hollywood
berkumpul dengan gadis seumurannya, tak kalah glamor
berbalutan dengan emas-perak-platina bahkan plastik imitasi: warna mengkilat-kilat
jingkrak-jingkrak dibawah lampu kelap-kelip, ruangan antara gelap dan terang...
suhu ruangan hangat, membuat mereka betah berjam-jam


Hahh.. mengapa mereka tak mengerti orang lain diluar mereka?
hancur dan hilanglah ilmu yang ia terima dari sekolah; hanya berlandaskan teori muntahan
disekolah jago berteori...
dan, hati mereka diselipi rasa busuk dan kata busuk
"Ah.. ngapain sekolah.. mending ajojing aja dirumah sob gue.."
Itukah??

Tuesday, October 19

Yeyy!! UTS telah selesaii!!

Alhamdulillah... hari ini, UTS atau Ujian Tengah Semester selesaiiI!!!! Yessss!! Yesss!!! Jam setengah 12 siang, pulang sekolah dan tandanya juga sihh ya udah selesai UTS. Pelajaran yang diujikan antara lain Agama Islam dan Biologi...

Paling melarat soalnya, Biologi!! Puhlaa... dhulat, soro sapa se tak ajjer.. Motemmo lah.. mau remidial atau nggak atau dapat nilai pas-pasan, yang penting soal Biologi itu selesai dikerjakan. Yarggh.. walaupun pembulatan LJK (lembar jawaban komputer) banyak yang ngelewatin garisnya dikitlahh... Hmm.. masalahnya, kalo kelewat dikit aja, scan lomputer jadi sensi abiiss orangnya.

Okee dehh.. walaupun udah selesai UTS, tapi tetep aja pulangnya jam 3 sore, berangkatnya jam 6 pagi.. Beda sama UTS, pulangnya jam setengah 12, mulainya jam 8 pagi, berangkatnya terserah.. Wuihh.. nyaman ngak reya....

Dan akhirnya, esok kembali seperti kegiatan awal semula.... Melelahkaaannn!!!

Sunday, October 17

Quote today, Pressure

SO, this is my quite quote today.. ANd, this is make me think someone, then I can play guitar step by step. Akordnya ada di internet, tinggal dicari. Ini, lirik lagunya Paramore berjudul Pressure. Lirik ini ada dikit pengubahan, tapi versi aslinya ada di internet dan ada di website aslinya http://www.paramore.net/


Tell me where our time went
and if it was time well spent
just don't let me fall asleep
feeling empty again
cause I fear I might break
and I fear I can't take it
tonight I'll lie awake
feeling empty

I can feel the pressure
it's getting closer now
we're better off without
you
I can feel the pressure
it's getting closer now
we're better off without you

Now that I'm losing hope
and there's nothing else to
show
for all of the days that we spent
carried away from home
some things I'll never know
and I had to let them go
I'm sitting all alone
feeling empty


Sumber: http://www.ultimate-guitar.com/pressure-paramore . Moga-moga link tersebut bisa diklik.. Moga-moga keluar. Kalo nggak keluar, ketik saja keyword Pressure Paramore lyrics atau chord guitar pressure paramore. Pasti ketemu!

Thursday, October 7

Esok dan hari ini

Kutunggu lama sudah beberapa hari ini...
aku tak bisa menemuimu sekarang ini
waktu tak menarikku kesini.. bahkan akupun tidak
dan kini aku bisa bersamamu kembali...

Sekarang aku hanya berpasrah kepada Yang Mahakuasa
esok adalah esok, kerjakanlah...
walaupun rasanya sakit besok, tapi jalanilah...
walaupun itu tantangan baru yang tak pernah habis, hadapilah...

Akupun cerita untuk hari esok...
aku lupakan sejenak hari ini...

Sunday, October 3

Tunggu

Ku tunggu tapi siang makin naik..
aku hanya menatap pemandangan kosong diantara tepi jalan
bahkan, hanya kulihat berbarisan semut dipohon
dipaku brosur calon pemimpin dan dicat putih hitam...

Friday, October 1

Ikatan Kimia (Chemical Bonds)

Ikatan kimia itu apaan yah?
Selain ikatan kimia, ada apa lagi?

1. Ikatan Kimia itu apa?
Oww.. menurut buku kimia SMA kelas X versi bilingual, Chemistry for Senior High School Year X (Penerbit Yudhistira) bilang kalo ikatan kimia adalah ikatan yang terjadi antara atom-atom yang membentuk molekul. Atomnya bisa berasal dari unsur yang sama atau yang berlainan jenis.

Terus, apa lagi? Penasaran aku...

Nah, ikatan kimia ini kan terdiri atas atom yang membentuk molekul, atom itu bisa berasal dari unsur yang sama atau berbeda (nggak sama atau sejenis) . Jadi, unsur yang sejenis dan nggak sejenis ini termasuk dalam bagan ikatan kimia juga.

Kalo, unsur-unsur sejenis itu akan membentuk molekul unsur. Contohnya ya, O (atom O) dan O (atom O) apabila berikatan menjadi O2 (2 ini angka indeks dari O yang seharusnya ditaroh dibawah, cuma nggak kayak pengaturan Word 2003, jadi kayak gitu sementara...^_^). Tau kan O2? Dan unsur-unsur nggak sejenis itu akan membentuk membentuk molekul senyawa atau disebut juga senyawa. Contohnya kayak H2O kalo diuraikan menjadi H + O (penjelasan lebih lanjut kenapa H itu jadi H2 sedangkan O cuma 1 doang itu akan dijelasin di pembahasan Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen). Gawat kalo ga tau H2O... Hihi...

2. Kestabilan unsur pada gas mulia
Di alam, umumnya unsur-unsur itu cenderung saling berikatan membentuk senyawa, kecuali gas-gas mulia. Bukannya gas-gas suci gitu! Bukan... Gas-gas mulia itu gas-gas (ga keliatan mas.. hihi) yang terletak di Gol. VIII A, dimana, golongan tersebut tidak menerima elektron (affinitas elektron). Hal itu dilakukan supaya gas-gas tersebut mencapai kestabilan konfigurasi elektron. Tapi, sekarang banyak kok gas mulia yang membentuk senyawa... Beneran nih, coba tanya ke guru kimia atau guru IPA... Guru kimiaku juga bilang gitu kok...

Ooo.. gitu toh.. terus?

Atom-atom dikelompokkan menjadi atom logam, nonlogam, semi logam, dan gas mulia. Atom gas mulia itu sifatnya stabil loh... Tapi, atom-atom selain gas mulia nggak stabil. Kenapa ya? Atom-atom gas mulia sifatnya stabil karena kulit terluar (elektron valensi) terisi penuh oleh elektron. Misalnya atom Ar (gas Argon) bernomor atom (Z)=18.

K L M Elektron valensi (kulit luar)
18Ar 2 8 8 8

Penuh kan? Nggak ada angka pada elektron valensi dibawah 8?
Ada lagi istilah buat elektron valensi, kalo elektron valensinya 2 (khusus bagan K), maka disebut duplet. Kalo elektron valensinya 8 (kayak contoh Ar tadi), maka disebut oktet.

3. Cara atom-atom yang tidak stabil mencapai kestabilannya
Terus gimana kalo atom atau unsur-unsur lain yang nggak terletak di Gol. VIII A? Apa dibiarin gitu? *Ya nggak laaa...

Unsur yang tidak memiliki konfigurasi elektron yang stabil, berusaha sekuat tenaga untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil. Keren tuh, gimana caranya?
1. Melepas elektron,
2. Menerima elektron,
3. Memakai bersama pasangan elektron... itu penjelasan Pak Wi waktu pelajaran kimia di X-1.

Nah, syarat untuk melepas dan menerima elektron itu terletak pada elektron valensinya loh.. Jika elektron valensi dibawah 4, maka akan cenderung melepas. Sedangkan jika elektron valensi diatas 4, maka akan cenderung menerima. Ada lagi, jika elektron valensi = 4, bisa menerima, bisa melepas, tapi cenderung menerima.
Contohnya:
a. 3Li = 2 1 (melepas 1e)
menjadi Li+ = 2, 2 itu elektron yang penuh

b. 11Na = 2 8 1 (melepas 1e)
menjadi Na+ = 2 8

c. 20Ca = 2 8 8 2 (melepas 2e)
menjadi Ca2+ = 2 8 8

d. 9F = 2 7 (menerima 1e)
menjadi F- = 2 8

e. 8O = 2 6 (menerima 2e)
menjadi O2- = 2 8

*Ingat, semua contoh tersebut masih ada kesalahan penempatan tanda - dan + karena tidak ada fasilitas pembuatan tanda pangkat dan angka indeks. Jadi jangan bingung ya...

4. Simbol Lewis
Oo.. Aku puyeng sama penjelasanmu... Yang lain kek, apa gitu. Katanya ada simbol-simbol apa gitu... Simbol ga jelas (ga jelas namanya atau ngingatnya?)

Oke, itu namanya Simbol Akang Lewis. Hehe, Simbol Lewis ding... Simbol Lewis ini untuk memudahkan kita dalam mempelajari ikatan kimia antar atom, dapatlah digunakan Simbol Lewis yang menggambarkan elektron valensi suatu atom. Cara penulisannya adalah sebagai berikut.
1. Tuliskan simbol atomnya (ya iyalah, kalo ga ditulis mana bisa digambar simbolnya?),
2. Tempatkan titik mengelilingi simbol atomnya maksimum sampai dengan 4 titik. Titik selanjutnya ditempatkan berpasangan dengan titik sebelumnya sampai mencapai konfigurasi oktet (konfigurasi 8),
3. Setiap titik mewakili satu elektron yang ada pada kulit terluar atom tersebut. Tanda titik (.) bisa diganti tanda silang or cross (x), lingkaran (bulet-bulet dah.. o), de el el.. Terserah kamu mau digambar lambang Konoha pun boleh-boleh saja ^_^.

Atom-atom unsur segolongan juga punya simbol Lewis yang sama lohh!! Untuk selanjutnya, silakan tanya ke bapak/ibu guru IPA, fisika, biologi, ataupun kimia. Kalo udah nggak sekolah lagi, silakan bayangkan gimana penempatan simbol tersebut. Simbolnya tidak boleh jauh-jauh dari unsurnya. COntohnya:
.
.X.
. Gambar itu menggambarkan golongan IVA. Gimana, bisa ngebayangin? Cuma yang perlu diperhatikan, penempatan dua titik atas bawah emang agak kejauhan karena pake spasi enter. Hehe....

Sampe disini dulu dahh.... Silakan kalo mau protes-protes atau tanya, komen yacchh!!!
Atau lebih lanjutnya, silakan tanya ke bapak/ibu guru pengajar Kimia atau IPA disekolahmu, mana tau lebih lengkap dan jelas daripada ini...

*Puh... lesso aku ngetiknya. Nyaris dua jam cuma ngetik subbab ini.