Kamis, Mei 13

SEO dan Google Adsense

Waktu sebelum maghrib, aku nyempatkan diri buat baca buku "Membuat Blog Untuk Orang Awam" karya Rulianto Kurniawan (yg lengkap, penerbit Maxikom). Nggak iseng sih, cuma sengaja, aku langsung buka halaman belakang.

Mau tau aja apa sih isi halaman belakang... Ternyata, aku ngeliat SEO dan Google Adsense.... Istilah SEO menurut buku itu artinya Search Engine Optimization... Kalo Google Adsense mah katanya kita bisa dapat keuntungan dari sistem pay per click atau ppc. PPC yakni pembayaran setiap kali unit iklan tersebut di klik. Gitu kata di buku itu... Hmm... Aku hampir aja sign up di Google AdSense, tapi gak jadi. Karena, penerima bayaran harus minimal berusia 18 tahun untuk berpartisipasi pada AdSense. Uhh... lamanya....

Nah, beberapa jam lalu, aku mengetikkan keywords "blog" di Mbah Google. Lalu, aku klik "blog". Nah, kan ada tuh daftar bacaan dipaling atasnya. Aku lupa apa nama websitenya. Web itu memposting artikel tentang "Cara Mudah Meningkatkan Trafik Blog". Masalahnya, di artikel itu juga ada istilah SEO. Aku agak kurang ngerti istilah ini.

Hmm... Kalo gak dipraktikkan sih agak lemot juga. Apalagi, istilah SEO dan Google AdSense juga ada teori serta praktiknya. Nah, seandainya yang menggunakan blog itu masih pemula, gimana cara menjelaskannya??

Apakah ada yang tau mengenai SEO dan Google AdSense? Apa aja keuntungan dan kerugiannya?

Mohon dijawab ya, kalo ada yang tau lengkap... Maklum, masih blogger pemula....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.