Selasa, April 27

Apakah kamu setuju jika KKM Matematika 75?

Matematika adalah pelajaran pokok waktu kita sekolah. Sekolah pesantren pun juga ada matematika. Apalagi sekolah lain, juga ada matematika. Jadi kapan nggak ada matematikanya?

Pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS sekalipun juga ada Matematika! Nggak percaya? Coba deh buka buku SMP atau SMA mu dulu..... Untuk yang B. Indonesia, pasti tau kan, ada pelajaran statistika. Itu baru penyajian data diagram atau grafik aja. Gimana coba yang kuliah jurusan Bahasa Indonesia? Pasti disuruh ngitung juga..... Apalagi IPS. Tambah ruwet deh. Coba buka aja buku SMP atau SMA yang Ekonomi, pasti ada menghitungnya.

Dikehidupan sehari-hari aja juga ada Matematika. Sayangnya, kamu nggak nyadar sih..... (ada juga deh yang nyadar....)
Contohnya aja ya, kamu disuruh ibumu buat beli 2 ikat kangkung dan bayam ke pasar. Habis itu, disuruh beli cabe 2 kg. Harga 1 ikat kangkung cuma Rp. 2000 dan 1 ikat bayam Rp. 1000, serta harga 1 kg cabe misalnya Rp. 5000. Nah, coba deh hitung sendiri, berapa uang yang nanti akan kamu bayar waktu beli cabe, kangkung, dan bayam. Terus, kira-kirain aja, berapa uang yang harus kamu bawa kalo mau ke pasar, apalagi beli yang kayak gituan. Pasti ada matematikanya, kan???

Ga perlu takut deh.....
Sekarang masalahnya, sekolah SMP atau SMA tahun 2010/2011, nilai KKM Matematika dari 70 dinaikkan menjadi 75. Penaikan KKM Matematika tersebut udah di setujui oleh masing-masing guru matematika didaerahnya (ini tergantung daerahnya juga. Ada yang KKM Matematikanya masih 65). Diantara guru tersebut, pasti ada yang kurang setuju bahkan tidak setuju dengan adanya penaikan KKM itu. Tau sendiri dong, guru matematika yang sering ngajarin kita dengan rajin dan baik hati aja masih harus protes sama dinas pendidikan. Kenapa? 'Coz, diantara murid yang diajari guru matematika tersebut masih ada yang tidak mampu bermatematika dengan baik. Kalo ulangan, remedi, remedi lagi., Sampe lulus juga remedi (jangan dong, keterlaluan namanya). Terus, sebagian siswa males ngedengerin guru matematikanya. Ada sih, dan ga mungkin ga ada....

Nah, sekarang aku mau minta opinimu, anak sekolah tahun ini, 2010/2011.
Apakah kamu setuju jika KKM Matematika disekolahmu adalah 75?? Tolong kasih alasan yang logis dan jelas. Kalo perlu sih, pake yang nyata-nyata aja deh..... Jangan lupa nama sekolah, kota dan umurnya ya....

Thank's......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Go comment! Langsung ketik idemu di komen ini!! ^^

Kalo mau komen, terutama anonymus, kasih namanya ya.. Atau yang punya akun Google, silakan diaktifkan.