Cari

Friday, April 30

Return to My Blogg

Return to My Blogg
http://imeldia.multiply.com

Itulah blog-blogku. Tapi, yang paling berdebu (jarang dibuka) itu yang http://imeldia.multiply.com karena kurang canggih dan rumit makenya. Hihi...

Silakan dikunjungi!!
Disore ini, aku nggak pernah mengira bahwa kemarin adalah hari yang lumayan bagus buat dikenang. Ternyata, kemarin aku capek dan bete alias bosen lagi karena ga selesai-selesai. Kenapa? Yahh...dari jam 7 pagi, aku dan teman-teman udah nunggu acara mulai. Eh, ternyata, setengah 8 baru dimulai. Jam karet...

Nah, kamu pasti heran apa yang ku bicarakan sekarang. Yang ku bicarakan sekarang itu tentang acara perpisahan kelas IX SMP Negeri 1 Sumenep dengan tema kalo ga salah Ungkapan Kasih Dipenghujung Memori... Kan, Sumenep itu dipaling ujungnya Pulau Madura. Terus, acaranya dilaksanakan di Gedung Graha Arya Wicaksana atau Gedung Korpri Sumenep. didekatnya Rumah Wakil Bupati Sumenep dan Perumahan Bumi Sumekar. .... Maunya sih, kemarin aku langsung posting artikel tentang perpisahan, tapi, males..... Lagian juga capek... Sorry,,,,

Nah, nanti-kapan--kapan, aku akan posting gambar perpisahan. Yahh.... walaupun fotonya ga terlalu banyak, tapi momen kemaren indaaahhhh banget.... Semua berjalan dengan lancar dan hikmat... Tapi, kurang bikin air mata ngalir gitu... Habis, perpisahannya ada musik Tong-tong (dibaca tung-tung) yang beat musiknya menghentak dan semangat. Jadi, undangan yang ada waktu itu, nggak nangis-nangis... CUma foto-foto sama temen, ada juga yang foto bareng wali kelas dan guru favorit.

Pokoknya, seru aja deh... Habis, kemaren aku dan temenku yang lain bikin sesuatu yang konyol dan malu-maluin lah!!! Gak semua dijepret karena kemaren baterai kameranya low batt.... Nyesel nya....

Trims.... besok ato nanti diposting gambarnya

Tuesday, April 27

Apakah kamu setuju jika KKM Matematika 75?

Matematika adalah pelajaran pokok waktu kita sekolah. Sekolah pesantren pun juga ada matematika. Apalagi sekolah lain, juga ada matematika. Jadi kapan nggak ada matematikanya?

Pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS sekalipun juga ada Matematika! Nggak percaya? Coba deh buka buku SMP atau SMA mu dulu..... Untuk yang B. Indonesia, pasti tau kan, ada pelajaran statistika. Itu baru penyajian data diagram atau grafik aja. Gimana coba yang kuliah jurusan Bahasa Indonesia? Pasti disuruh ngitung juga..... Apalagi IPS. Tambah ruwet deh. Coba buka aja buku SMP atau SMA yang Ekonomi, pasti ada menghitungnya.

Dikehidupan sehari-hari aja juga ada Matematika. Sayangnya, kamu nggak nyadar sih..... (ada juga deh yang nyadar....)
Contohnya aja ya, kamu disuruh ibumu buat beli 2 ikat kangkung dan bayam ke pasar. Habis itu, disuruh beli cabe 2 kg. Harga 1 ikat kangkung cuma Rp. 2000 dan 1 ikat bayam Rp. 1000, serta harga 1 kg cabe misalnya Rp. 5000. Nah, coba deh hitung sendiri, berapa uang yang nanti akan kamu bayar waktu beli cabe, kangkung, dan bayam. Terus, kira-kirain aja, berapa uang yang harus kamu bawa kalo mau ke pasar, apalagi beli yang kayak gituan. Pasti ada matematikanya, kan???

Ga perlu takut deh.....
Sekarang masalahnya, sekolah SMP atau SMA tahun 2010/2011, nilai KKM Matematika dari 70 dinaikkan menjadi 75. Penaikan KKM Matematika tersebut udah di setujui oleh masing-masing guru matematika didaerahnya (ini tergantung daerahnya juga. Ada yang KKM Matematikanya masih 65). Diantara guru tersebut, pasti ada yang kurang setuju bahkan tidak setuju dengan adanya penaikan KKM itu. Tau sendiri dong, guru matematika yang sering ngajarin kita dengan rajin dan baik hati aja masih harus protes sama dinas pendidikan. Kenapa? 'Coz, diantara murid yang diajari guru matematika tersebut masih ada yang tidak mampu bermatematika dengan baik. Kalo ulangan, remedi, remedi lagi., Sampe lulus juga remedi (jangan dong, keterlaluan namanya). Terus, sebagian siswa males ngedengerin guru matematikanya. Ada sih, dan ga mungkin ga ada....

Nah, sekarang aku mau minta opinimu, anak sekolah tahun ini, 2010/2011.
Apakah kamu setuju jika KKM Matematika disekolahmu adalah 75?? Tolong kasih alasan yang logis dan jelas. Kalo perlu sih, pake yang nyata-nyata aja deh..... Jangan lupa nama sekolah, kota dan umurnya ya....

Thank's......

Buntu, bantuin dong!!

"AKu buntu banget nih sekarang. Kenapa?? Banyak jawabanmu pastinya. Ada yang bilang males, ini, itu, pokoknya banyak deh! Gimana coba, mau nulis cerpen, dua cerpen malah! Ga kelar-kelar sampai sekarang. Udah gitu, habis kamus (maksudnya pengolahan dan bendahara kata-kata biar bagus) lagi! Ide sih sering mengobarkan semangat menulisku. Tapi, pas lagi di pertengahan halaman, udah deh, buntu. Nah, ideku ini memang selalu nguap kalo lagi buntu kayak gini. Semua orang pasti sering gitu, ga ada yang ga pernah!

Sekarang masalahnya, saat aku lagi buntu pas nulis cerpen, ideku menguap entah kemana dan ceritanya jadi ngalor-ngidul. Sehingga, cerpen yang ku buat itu nggak menarik minatku untuk menulisnya kembali. Malah buat baru! Dan yang baru itu, juga sama ceritanya. Idenya menguap, ceritanya juga aneh, nggak nyambung. Setelah itu, aku berhenti menulis apapun! Kecuali puisi dan diary. Jadi, kalo menulis suka lagi mood dan ide yang membanjiri isi kelapa eh, kepala."

Sering juga sih kita temuin cerita seperti diatas. Nggak cuma aku, tapi seluruh manusia calon penulis atau penulis kondang sekalipun. Tapi, biasanya ini terjadi buat orang, khususnya teenager yang pengen instan jadi penulis. Disaat kepala mereka diisi idenya yang "ketinggian", mereka semangat menulis. Tapi, kalo ide mereka ngupa, lupa, bahkan beralih ke ide lain, nggak jarang mereka membuat cerita dengan ide baru. Hali itu terus-menerus dilakukan sampe bosen, lalu berhenti menulis.

Saat ide mereka "ketinggian", mungkin cuma sebagian yang bisa mengolah ide tersebut dengan kata-kata literatur mereka. Kebanyakan, malah sebaliknya (aku pun juga begitu, heheehe... ), cekak ditengah, pusing mikirin kata-kata, ya udah deh ganti cerita lain. Praktis kan? Akhirnya buntu juga ujungnya....

Tapi sayang, sayang banget! Dari ide tersebut bisa aja diatasi tanpa kebuntuan. Mungkin, kalo menurutku, ide yang sulit diimajinasikan (apalagi imajinasinya cuma kamu yang tahu) emang suka buntu, apalagi nyusun kata-katanya. Karena itu harus diperlukan kosakata yang banyak.

BUat ngatasin yang buntu, emang tergantung orangnya juga sih... Aku punya tips supaya kamu bisa menemukan ingatanmu kembali kalo lagi buntu saat menulis. Niiihhhh dia....

1. Menulis tapi mengulang kata-katamu waktu buntu.

Contohnya, "Ya ampun, aku bingung mau nulis apa! Gimana nih!!" , "Wooiii!!! Aku buntu nih!! Payah!!". Lakukan itu berulang-ulang.

2. Dengerin musik.

Sebaiknya, musiknya sesuai kesukaanmu aja. Jangan terlalu slow ataupun melancholic pop, ntar idemu nguap lagi deh...

3. Baca novel

Dari novel yang kamu baca, kamu bisa menemukan kosakata yang lebih banyak dan mudah diserap. Kamu boleh menggunakan kosakata yang sering ada di novel, asal harus tau mengolah sesuai ceritanya.

4. Tidur sebentar.

Ini kalo kebuntuanmu parah banget! Ditambah rasa bosen, males, bete lagi! Tidurlah paling tepat. Tapi jangan kelamaan. Atur aja waktu tidur yang pas buatmu. Minimal 1 jam-lah....

Yaacchh...itulah caraku buat ngilangin kebuntuan dalam menulis. Dari 4 poin diatas, hanya 1 atau 2 poin yang efektif. Sebenernya sih, masih banyak lagi. Aku contohin satu ya... Kalo misalnya aku lagi buntu, kadang aku baca novel yang belum selesai. Kadang juga, aku ngedengerin musik full rock biar nggak ngantuk dan juga biar konsentrasi.

Aku berharap aja, kalo cara menghilangkan kebuntuan dalam menulis bisa membantumu dalam kehidupan sehari-hari. Teruslah menulis dan jangan lupa disertai dengan do'a, supaya Allah memudahkan kita dalam menulis. Amin!!!

Jangan nyerah...kita juga sama-sama nulis kok.... He....he....he.....

Sunday, April 25

Blog Baru

Haiiii.....
Mungkin aku pendatang baru untuk membuat blog... Tapi, sekarang aku dikit tau tentang blog, karena aku udah ada Multiply. Aku harap, dengan adanya blog, aku lebih rajin memposting artikel atau yang lain sehingga aku lebih terampil dalam menulis. Tujuan utamaku buat blog itu ga terlalu banyak. Cuma pengen bisa nulis lebih bagus, punya wawasan lebih luas, cepet ngetik (pastinya), dan kreatif gitu lah... Mungkin juga, masih banyak orang yang membuat blog suka copas a.k.a copy paste... Yah...semoga aja aku ga ngulangi itu lagi. Mau copas, mesti cantumin tuh yang namanya web dan sumbernya.

Oke deh!!!!
Semoga aku bisa lebih baik dengan membuat blog