Cari

Wednesday, December 29

TIMNAS ohhh.. TIMNAS

Aduuuu....

Kenapa sihh, TIMNAS Indonesia harus kalah lagi melawan Malaysia? Emangnya Indonesia salah apa??

Berikut adalah pertanyaan polos yang sering diajukan kepada kotak berwarna atau tivi yang menyiarkan bola "langsung". Tau gak, apa penyebab Indonesia kalah dua kali, sejak liga (leg) 1 sampe leg 2? Aku sebenarnya heran juga sih... Dan banyak juga orang menghubung-hubungkan kalo misalnya kita terjadi sesuatu dan sial, maka TIMNAS Indonesia kalah. Gitu ya? Mpek segitunya...

Oke, berikut adalah beberapa alasan menurutku sendiri, dan menurut orang lain yang ku tulis diblog ini. Semoga alasan ini ada benernya juga.

1. Indonesia over euforia

Artinya over euforia alias kesenangan. Maksudku bukan kesenangan kata benda ya, kesenangan menurutku itu terlalu senang. Mentang-mentang udah susah payah berjuang mencari permukaan atas alias mencari final dan menang, Indonesia mpek cepatnya seneng banget kalo TIMNAS nya menang. Dan bahkan harapan yang digantungkan terlalu berat. Kenapa?

Berat karena, semakin ke pertandingan final, makin berat lawannya. Itu menurutku. Ya, walaupun semifinal lawannya adalah Thailand yang jago dan jago (kuadrat, hehe), tapi bisa aja kok dikalahkan Indonesia. Dan tiba ke Final leg 1, kalah telak lantaran Malaysia tuan rumah. Eh, Indonesia tuan rumah kenapa kalah lagi? Hayooo... Ada apa? Bukankah masalah awalnya kita terlalu senang atau bangga walaupun sampe semifinal doang yang menang?

2. TIMNAS Indonesia diekspose media massa terus-menerus

Aku sebenernya antusias banget nonton berita tentang TIMNAS. Apalagi yang jadi trending topics di Indonesia itu Christian GOnzales, Irfan Bachdim (awas kamu bilang ga suka, kamu pasti suka karena ganteng, keren, de ka ka nya... ), Bambang Pamungkas, dan mungkin si kiper Markus Horison. Atau ada lagi Firman Utina *kenapa ga sekalian semua pemain aja sampe pelatihnya, Alfred Riedl?

Aslinya ya, mereka itu capek dan lelah banget tau! Mereka itu udah nelan masa-masa pahit sambil nelan keringat sendiri! Dibiarin ditubuh mereka sendiri keringat itu. Dan, mereka juga ga nyangka kalo usaha mereka direspon orang secara berlebihan.

Udah sibuuukk aja dari kemaren yang lalu nendang bola. Eh malah ada wawancara, diundang sama tokoh politik. Ngajakin pelatih TIMNAS lagi. Kan capek namanya? Udah gitu difoto terus, diberitakan bahkan diomongin di acara gosip. Coba aja kalo para pemain TIMNAS itu sempaatt aja nonton tivi dirumah. Mungkin aja kuping naik dan seneng abis. Sekaligus ada yang jengkel karena dianggap lebay.

Buktinya, ada aja tabloid wanita yang menampilkan tentang Christian Gonzales. Tentu kalo misalnya uda Gonzales mau diwawancarai bersama istrinya. Dan istrinya pun membeberkan tentang Christian Gonzales dari A sampe Z. Terus, ada juga tuh berita tentang Irfan Bachdim.. Pasti dong, si Irfan udah nyiapin sebelumnya kalo dia diwawancarai sambil menahan cidera kaki? Hehhehe...

3. TIMNAS Indonesia mungkin memikirkan atau merenung sesuatu.

Nah, ini pendapat orang lain.. Tapi aku ganti judulnya. Hehe..

Menurut orang, mereka itu ga konsen dilapangan karena mereka sedang memikirkan sesuatu tentang hal yang udah mereka lakukan sebelumnya. Ngerti?

Nggak kan?

Coba ingat-ingat berita kalo TIMNAS Indonesia diundang oleh seseorang tokoh politik nasional kita, sekaligus ketua Partai Kuning.. Hehe, PArtai GOlkar maksudnya. Mungkin aja sih mereka dijamu sama tuan rumah, diberi pengarahan dikit, pas dikasih penghargaan. Minimal iming-iming. Mungkin aja sih...

Dan antiklimaksnya itu ketika TIMNAS tanding di stadion Bukit Jalil Malaysia. Adaaaa ajaa hal-hal konyol dan lucuu abis ala satire. Ngerti? Banyak temenku di Facebook bilang, kalo bendera Malaysia dipampang oleh suporter dengan cara ga nasionalis. Terbalik gitu deh... Trus apa hubungannya? Ga ada.. Hehehe

Terus, ada om-om yang bantu-bantu aku bersihin rumah. Nah, waktu aku bersih-bersih rumah aku nanya,
"Kenapa Indonesia kok bisa kalah ya?"

Dia jawab
"Itu ada unsur politiknya. Terus media itu mengekpose nya berlebihan. Pas, waktu tanding ada bendera-bendera nya partai sapa waa... Tauk itu mau kampanye atau beremma..."

Aku iya-iya aja..
Mungkinkah? Mungkinkah para bendera partai politik tersebut mendukung timnas hanya karena mengambil untung dan hasil kerja keras TIMNAS? Lalu ada politisasi dalam PSSI ataupun politisasi harga tiket? Yang katanya bikin rakyat gak bahagia lagi? Gmm.. Ga tau deh...

Waktu tanding di BUkit Jalil pun TIMNAS main kacau banget, tapi lumayanlah... Asalkan bisa tanding. TIMNAS berani protes atas laser ijo yang ngeganggu banget! Ga ada pelangi kok malah ada laser? Mau apa kalian Malaysia? Mau menang pake laser... Dilaserin lu mau? Buta mata loe..

TIMNAS Indonesia kembali ke negerinya. Negeri gue dan rakyat Indonesia. Tanding di GBK yang menurutku super keren kalo diisi suporter baju merah. Terus bawa syal Indonesia dan menyanyikan lagu Indonesia Raya waktu pembukaan pertandingan. Membahana, bahkan bikin luluuhh... Haduuu....

Tapi mainnya bagus kok... lumayan deh 2-1. Namun syarat 2-1 itu kurang banget. Yang seharusnya disarankan orang banyak itu 3-0. Dan 1 itulah cukup berarti bagi kemenangan TIMNAS Malaysia... Biarin.. masih ada perjuangan Indonesia selain bola. Emang cuma bola yang bikin kita sukses? Ga juga kan?

Huff...


Yahh.. Aku rasa aku cuma punya 3 pendapat itu.. Dari 3 pendapat itu, minimal mbak/mas yang udah lama bersekolah bisa ngembangin apa maksud dari pendapat tersebut.

Misalkan aja, poin nomor 1 bisa aja berkembang menjadi TIMNAS dan Indonesia terlalu pede dengan kemenangan? Atau poin 2 TIMNAS Indonesia ngerasa mendadak seleb di tivi, dan di social networking.. Atau yang poin ke 3 TIMNAS dipolitisasi.... Terserah aja sihh.. Sebenernya pengembangan poin itu juga termasuk alasan.. Hehehehe...

Okee dehhh... Mungkin bukan sekarang TIMNAS dan Indonesia menang ngelawan Malaysia. Mungkin 4 tahun kedepan, atau kapan gitu.. Asalkan belum kiamat aja... Hihihi.. Dan mungkin itu jadi tombak ga beracun untuk menusuk PSSI, karena tombak kekalahan tersebut menyuruh PSSI dan Indonesia untuk memperbaiki sistemnya.

Siapa tau?

Pokoknya kekecewaan penonton dan suporter masih membekas dan terkumpul. Lalu melempar kemarahan kepada Malaysia dengan berbagai sebutan. Okee.. Aku setuju itu. Karena itu ada sangkut-pautnya dengan harga diri yang lagi diinjak-injak oleh Malaysia. So, aku juga dukung rakyat Indonesia lohh...

So you must keep cold and calm... Do your consciousness of your mistakes... Think white, why Indonesian peoples very hate you then mocking (google translate? mengejek) and insult you.. Try to thinking that! Don't always think that you are very strong from Sepak bola melawan Indonesiaa!!

Garuda di Dadaku!
Love you mucchh!!

Wednesday, December 22

Fashion Blogger

Begini diriku...,
remaja
labil,
hati,
kita kadang juga seperti remaja,
labil
hati yang labil mayoritasnya, apa bisa sedikit memberi kuasa pada nurani disana?


Begini diriku,
tahukah kau, seseorang tak harus menjadi terkenal
hanya karena fashion
seseorang tak harus menjadi terkenal,
karena kecerdasan otaknya,
namun,
seseorang haruslah selamat
apabila ia menggunakan dunia ini untuk menebar dunia dan menanam diakhirat....



*Buat diriku yang spontanitas mengikuti blog fashion. Semoga bisa membawa yang baik-baik aja..

Minusculo - Tranquilo

Sunday, December 19

Yel-yel dan PORASMANSA

Yap.. Pagi ini adalah pagi yang sungguh menyesalkan. Karena seharusnya aku ikut pembukaan PORASMANSA dengan jalan-jalan pake sepeda. Enak tuh, sayangnya aku harus jaga rumah. *ngeles dan banyak alasan..

Oke, yel-yel juga udah dibuat. Tapi, yel-yelnya baru selesai jam 9 lewat, jadi temen-temenku ya baru pulang jam 9 lewat itu. Bikin yel-yel dirumah temenku, Bela. Aku nggak tau rumahnya, hehehe dan juga nggak datang. Soalnya aku harus istirahat karena aku ga enak badan. *Kaciaan...

Nah.. yel-yel pertama dibuat disekolah. Setelah dimusyawarahkan secara alot, akhirnya dapat juga deh 3 lagu. BUkan nyomot lagu, hanya pinjam irama dan kata-kata. Kata-kata yang ada dilagu itu diganti dengan macam-macam kata yang kita *suit-suit.. buat. Satu pake lagunya Bondan Prakoso - Kita Untuk Selamanya, Metal Vs Dugem Project Pop, dan ada satu lagu yang jadi jinglenya iklan Telkomsel Internet Murah. Bagus lohh.., cuma kalo seandainya ada rap nya dikit, ya oke juga. Tapi karena waktu nggak nuntuti, ya sudahlah...

Ini dia yel-yel yang dibuat oleh anak-anak X-1 disekolah dan dirumah Bela
Sumber: sms dari temen..

Lagu 1
Bergegaslah kawan, sambut PORASMANSA
Tetap berpegang tangan dan saling berpelukan
Tunjukkan semangat tuk sebuah pertandingan
Yakinlah sahabat tuk raih kemenangan

Lagu 2
Kita anak S.W.A.T (nama lain X-1, kepanjangannya buaannyaak..)
Kita pintar dan juga rajin sholat (wahh.. Bagus-bagus..)
Kita penuh dengan bakat
Kalo sudah bertanding semua lewat
Kita slalu optimis
Kalo kalian setuju
Ayo semua ngangguk-ngangguk...
guk ngangguk.. (BIngung dibagian ini? Saya juga..)
Semua lawan pasti tunduk

Lagu 3
Janganlah kau salah o o
Kita takkan putus asa o o
Kita tak pernah menyerah o u o
Karna kita bertekad untuk juara


Demikian yel-yel anak-anak S.W.A.T. Bagus juga, sayang kalo aku ga ikutan latihan.. Hmm... Oke... MEt PORASMANSA. Hari Senin pertandingan voli putri. Kelasku kayaknya belum nentuin siapa pemainnya. Tapi yang pasti, aku ikutan voli dong, hihihi...

Selamat Bertanding Besok!! Moga aja menang....


*PORASMANSA or Pesta Olahraga Siswa SMANSA is an events for students of SMAN 1 Sumenep Madura East Java. That events are going to shown some general sport who loved by teenager like Badminton, Volly, Football, Basket, Long-distance running (lari jarak jauh), Table tennis, and so all. PORASMANSA hold on the end of semester exam, who that time many students have free time or no teaching or learning activities (KBM, kegiatan belajar mengajar) and PORASMANSA is required by all of students in SMAN 1 Sumenep.

Thursday, December 16

Bete Awak! But, PORASMANSA coming

Huaahhhhh... kawaaannnnN!!!
Hufff.. Mabete-mapeggel, kabbhi campor daddhi settongg... Huaaaaaa!!! >,<"

Statusku ketauan broooo... *Status apa neh...? Pacaran aja nggak..
(Gawat.. Dasar lebay..)

Coba liat deh, di postingan blogku yang.. apa ya judulnya? Kalo dari Puisi Dilema X-1, ya kira-kira hitung aja dua posting... Ohh!! Ingat... Judulnya itu Ujian AKhir Semester 1 kelas X-1 SMANSA.. Huuhhhh... Peggel sengko' ka orengnga se komentar!!!! Puhh... Kalo ga temenku, sahabatku, kalo ga itu anak tetangga, anak orang (ya iyalah...), kalo ga anak cantik, anak pinter, anak nge-geng.. Huaaahhhh!!! Yang penting dia orang dan pasti sekelaskuu!!!

Siapakah namanya? Ahh.. aku tak tau... Yang pasti dia asal-asalan copas komen dari postinganku ke form komentar. Biarin tuhh, kalo ketemu, awaasss!!!! Aku ga mau nuduh sembarang orang, ntar dia malah ngamuk ke aku... Mending, kita selidiki *gue kali yang nyelidiki... baik-baik, lalu kita jitak dia!! Horee!! Jitak-jitakan!! *Orang aneh...

Ah.. komentar begitu biasalah.. Paling cuma hueeekk males bilangnya--fans---hahaha... Ya gitulah, kadang temen itu nggak harus baikk selamanya, berjalan kearah yang lurus selalu, tapi juga temen itu (harus) menggoda temennya, ngusilin, ngejahilin. Bahkan memarahi kita pun itu biasa. Kalo nggak, pertemanan atau persahabatan kayak sayur bayam bening tanpa garam. Mau? Tanpa itu, nggak akan seru dan berwarna hidup kita, baik sebagai anak-anak, remaja, orang kantoran, bahkan orang-orangan.. Hehehehe...

Justru dimarahi pun, kita masih ketawa-ketiwi dengan teman kita, walaupun masih ada rasa jengkel, dongkol, ataupun pengen menjitak kepalanya biar duaarrrrr... Nangis.. Jangan ikuti langkah ini, karena anda takut dimarahi habis-habisan atau bertengkar dengan teman anda. Kalo mau jitak, pelan-pelan saja. Wkwkwkwk... (saran yang tidak bagus ditiru.. komen yang pedassss yaa.. Wkwkwkwk)

Oke.. Hari ini adalah hari yang paling banyak memakan korban. Baik berupa nyawa, air mata, hati, dan pikiran. Mengapa?

Remedial is the most disaster on my class, then on my school
Believe me!!


Ya.. itulah.. Baru beberapa kali ini ada sahabatku dan temanku yang rela bertangiskan air mata karena menumpahkan kekesalannya gara-gara remedial. Rekor nggak remedi saat ini barulah satu atau nol pelajaran. Dan paling banyak adalah 5 atau dari 18 pelajaran. Bahkan 8 pun ada loh... Dikelas, baru 3 pelajaran-5 pelajaran. Semoga semua nggak remedi pelajarannya. Hari ini yang diumumkan Kimia, Biologi (aku rendah lagi, 78), Sosiologi (jejak nilai alias kertas ilang ntah kemana). Sedangkan remedialnya hari ini Matematika, Ekonomi, Geografi, PKn, Fisika, dan Budaya Madura (khusus diriku, kan kurang 1 nilainya...)

Aku juga termasuk anak yang korban remedi. Aku ikutan emosi gara-gara standar KKM 76 yang membuatku miris, dan temanku juga ikut berdilema ria cuma gara-gara nilai kurang 1 alias 75, Kurang dan nyaris cuma dapet 20 atau 10. Ga cuma itu, aku rela kok tanganku melempar bogem kiri ala Kizami zuki (karate) ke dinding kelas. Sampe-sampe Nina ngomen,

"Puhh... Mukul dinding... Awas sakit lohh..."

Ahh, akupun berlalu dari kelas dan akhirnya beli pentol. Laperr.. Hehehe... Dan kembali kekelas.. Kasian temenku. Dan ganti toppiikk!!! Latihan Basket dan Volly buat PORASMANSA minggu depan!! PORASMANSA itu semacam Pekan Olahraga SMA Negeri 1 Sumenep yang diadakan SMAN 1 Sumenep. Pembukaan hari Minggu, raun-raun keliling kota pake sepeda. Habislah remedial ituu!!!

Wednesday, December 15

Dilema SMANSA Kelas X-1

Terkadang, aku tahu..
Kalo aku hanyalah siswi SMA yang berotak biasa...
Nyasar dikelas tongkrongan pintar...
Cakap, aktif...
Unik...

Seringnya, aku tahu...
Hanya aku dan teman-teman lain yang susah beradaptasi
akan terlindas oleh nilai 76...
akan menangis dibawah bayang-bayang nilai 76...
merasa putus asa,
sehingga menjadi perhatian orang,
banyak motivasi teman menyerbu...

Tapi apa??
Mengapa harus 76 yang menjadi patokan untuk belajar?
Apa benar kata Pak Sinaga
"Kita itu belajar jangan mengharapkan nilai. Harapkanlah ilmunya, supaya
mengerti dan memahami yang kamu pelajari"

Isn't right?

But,
there was decision...
All of my friends just standing in class with cold face..
Maybe they don't know, for what they have to study...
Included me....

Wednesday, December 8

Ujian Akhir Semester 1 kelas X-1 SMANSA

Haduuhhh.. Sekarang aku udah nggak postingan blog lagi neh, gara-gara ujian semester ganjil dan tugas-tugas sekolah yang berat. Maafin yahhh.. kayaknya postinganku udah mulai gak uptodate lagi.. Tapi, aku pasti nyempatkan diri buat nulis blog kok!! Tenang.

Ujian Semester hari Senin, 6 Desember 2010 adalah Matematika sama PKn. Matematika alhamdulillah lancar, tapi ragu-ragunya itu lohhh!! PKn, haduuhh, habislah aku.. Bukannya gampang yang kudapat, susaaahhh!!! Yah, namanya juga ujian. Hahaha...

Selasa libur Tahun Baru Islam 1 Muharram 1432 H lahh.. Masa mau sekolah?
Dan, akhirnya digunakan kesempatan ngerjain tugas makalah kelompok. Tentang Puisi!! Becoz i like puisi!! Poem ya? Makalah berjumlah 23 lembar tambah cover 4 atau 5 lembar mengutak-ngatik apa ntu puisi, apa jenisnya, apa hakikatnya, apa contoh puisinya, dan apa lain-lainnya. *Pusing ah..

Hari Rabu.. adalah hari ini. Paling menegangkan dan seru.. Masalahnya gini, aku baru belajar Geografi setelah ngerjain tugas makalah itu, sekitar jam 3 sore sampai jam 9 malam. Nggak cukup sebenarnya, karena ada 3 bab yang harus dipelajari, dihapal lagi. Puhh... Sedangkan Ekonomi, ngelanjut dari jam 21.05 dan tidur habis itu bangun lalu sholat Subuh. Dan belajar sepuasnya sampe jam 5.55 pagi. Ahh.. untunglah sekolah ngasih keringanan, ujian dimulai pukul 7.

Tuaappiiieee, aku, dan temen-temenku bikin lingkaran (ngumpul maksudnya) buat belajar Geografi... Karena Geografi itu soalnya sulit-sulit kata kelas lain, jadinya ya gitu dehh... *rahasia negara... Ekonomi udahlah.. selesaii...

Dan besoknya adalah Fisika dan Penjaskes. Hal yang paling sulit, susah, paling lemot diserap adalah Fisika... :-(
Fisika!!
Entah kenapa pelajaran ini membuat diriku melarat sampai menyamai Matematika kalo remedial. HUhhlaa.. Seandainya ada dewa imut, ganteng, pinter, baik, de el el de ka ka (aneh plus gilee.. neh..) bernama *eheem... Hehehe, pasti dia selalu bantuin aku dan nunjukkin cara atau langkah ngerjain soal. Atau minimal, dia satu sekolah, satu kelas, sebangku.. Hihihihi.. Lumayan tuh, otaknya..
Dimakan!!
Duhh.. mpek kejamnya makan otak orang, kecuali otak-otak Es Teller 77 atau otak-otak Pempek Palembang.. Heheheh.. *Nggak nyambung...
^_^
plis dehhh!! Jangan tak nyambhuunggg!!!!!

Friday, December 3

Puisi Distikon Bebas: Siswa

Tubuh...
kini berpeluh menghadap rusuh

Cinta
kini hilang tanpa dia

Tugas
kini ada tanpa bergegas

Thursday, December 2

Terlambat

Semua hanyalah waktu yang memberiku sesak
tegap aku berdiri namun lemas tungkai
ketika pedang waktu menusuk tubuhku,
hingga ku tak berdaya,
aku terlalu lambat...


Seandainya ada mesin waktu Doraemon
ku harus kembali ke masa lalu!!


*makanya jadi orang jangan telat

Friday, November 26

Bahasa Indonesia : Macam-macam Berita

Kamu pasti kenal banget namanya berita. YUp dong! Wong tiap hari disuguhin berita, baik itu dari televisi, koran, radio, atau dari temenmu sendiri.

Nah, saking kenalnya kamu sama "Berita", kamu juga mesti tau kalo berita yang sering disuguhkan setiap hari itu dikelompokkan beberapa macam. Dan salah satunya, kamu bakal nemuin berita investigasi atau reportase seperti yang ada di stasiun tivi swasta.

Oke.. ini dia macam-macam berita. Sumber dari Ibu Yayuk Ribut Suci Rahayu, S. Pd, guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Sumenep Madura kelas X. Berikut ulasannya *bahasanya neng....

1. Berita fakta peristiwa

Nah, berita fakta peristiwa ini berita yang isinya berupa peristiwa yang didukung oleh fakta yang sesuai dengan kebenaran atau benar-benar terjadi. Jangan percaya kata temenmu kalo berita fakta peristiwa itu dari opini orang alias pendapat. Tauk ah kalo dari ngegosip. Hihihi...


2. Berita fakta pendapat

Kalo yang ini, baru... Berita fakta peristiwa yakni berita yang isinya suatu peristiwa yang didukung oleh pendapat narasumber-narasumber. Pendapat tersebut sebagai medium (alat).


3. Berita fakta peristiwa pendapat

Apaan tuh? Panjang amat... Hiyy... berita campuran kali ya?
Ehh... Bukaaann!!! Jangan ngacir duluu.. Berita fakta peristiwa pendapat ini berita yang isinya fakta, memiliki kebenaran dan didukung oleh pendapat narasumber.


4. Berita investigasi


Kamu tau program acara berita Investigasi di SCTV atau distasiun tivi lainnya? Kalo di SCTV namanya SIGI kalo ga salah *dan moga contohnya jangan salah juga. Berita investigasi merupakan berita yang memberikan penjelasan dari sebuah berita atau memberikan rincian.


5. Berita interpreted

Apa lagi ini? Interpreted, kayaknya kamu dan *akuuww juga.. hehe gak pernah mendengar nama berita ini. Ya udah, nih berita interpreted. Berita interpreted adalah berita yang isinya menyampaikan peristiwa dengan penjelasan peristiwa-peristiwa lama.

Apa contohnya? Hmm... coba deh buka koran lama tentang kehidupan dunia artis. Pasti ada peristiwa yang kita anggap udah lama banget jika dibuka sekarang.

Bingung? Tanya ke guru anda. Wkwkwk...

Udah cuma segitu?

Ya nggak lah... 2 lagi..


6. Berita interpretatif

Berita interpretatif yakni berita yang isinya berupa komentar dengan cara menduga-duga. Mau tau contohnya? Coba pakai analisis dan kritismu dengan menonton berita tiap saat. Minimal 3x sehari *emang makan dan mandi. Karena, dalam berita tersebut pasti lagi kesohor banget berita oppung *eh.. lae (dalam bahasa Batak, adik/abang/saudara) Gayus Tambunan. Pasti banyak komentar para pemirsa dirumah ataupun komentar para aparat yang ngomong ditivi tersebut.


7. Reportase
Nah.. kalo rajin bangun pagi dan ngeliat tivi TransTV. Yakin deh, tau sama Reportase pagi. Ga tau ya, hari Sabtu atau Minggu. Hanya kamu yang tau. Itulah contoh berita Reportase. Ada juga dikoran berita reportase. Tapi sebaiknya kamu menggunakan analisis dan kritis dalam meneliti. Insya Allah dapet... :)

Pengertian Reportase sendiri adalah berita yang menyampaikan informasi berupa peristiwa dengan cara menyampaikan yang penting-penting saja. Atau, bisa disebut juga berita inti.



Nah... itulah macam-macam berita. Kalo ada yang ga ngerti, silakan rujuk postingan ini ke guru bahasa Indonesiamu. Atau, komentar dumzzz *pastinya..

Thanks yaaa.. Kalo ada yang salah ngelapor kesini!!
^_^

Sunday, November 21

Arti Sesal

I
Sebuah penyesalan
mataku tertunduk ketanah...
leherku tak lelahnya menunduk, dan akupun murung
satu hal yang tak bisa kuucap padanya,
yang berkuasa
ketika semuanya telah berlalu dan selalu diungkit lagi
maka aku hanya menunduk
ikut menyesali


II
Entah, tujuan mana yang akan kau tuju malam ini
kau duduk terpaku sendiri menatap cemara udang didepan kelas
tak sadarkah, pikiranmu kosong melompong?


III
Aku lelah selalu berkhayal dan bermimpi
ketika didunia nyata aku terjatuh perih
hatiku menjerit-jerit, dimana mimpi-mimpi
dan harapan hanyalah harapan


IV
Bunda, aku tak mengerti apa pikiranmu
kau selalu bekerja 12 jam demi meneruskan karirmu
tapi, aku disini kekeringan...
tiada hari bahagia lagi,

Bunda...
kau bekerja bagaikan robot...
kau bukan superkomputer..

BUnda.. cepatlah pulang...
kami menunggumu disini...
aku menyesal jika kau selalu bekerja 12 jam...

Wednesday, November 17

Pengalaman Workshop Astronomi

Hari Minggu pagi jam setengah 8, aku tergesa-gesa banget nyampe gerbang Pendopo Sumenep. Takut, sosialisasi atau workshop yang kurang jelas diumumkan bu Tanti (hehe..) itu udah dimulai. Nyampe dikomplek pendopo, jantungku mau copot ketika anak-anak X-1 pada berhamburan keluar.

"Ini mau ngapaiiinn ya...??," tanyaku. Terus aku panggil aja Rahmi. Dan ternyata, Rahmi dkk ga akan kemana. Mereka nongkrong di bundaran taman dan ngerubungin.
"Nad.. bawa itu??" Mungkin yang dimaksud benda buat narsisan alias kamera. AKu mengangguk iya dan spontan mereka ngerebut. Haduuhhh... Mereka mintol (minta tolong) ke Ferdy buat memfoto kami.
Jepreetttt....


Yah.. inilah dia foto-foto aku dan teman-temanku waktu di Pendopo Sumenep, dekatnya Kantor Dinas Pariwisata Kel. Pajagalan Sumenep. Liat nih satu lagi..

Ini yang foto bukan aku! Temenku namanya Ainun.. Jaraknya kejauhan memang.. Tapi, biar keliatan semua makhluknya. Hahaha

O ya, di keraton itu kami sempat banget foto-foto berbagai macam gaya. hahahaha.. Anak-anak yang udah pada kenal gaya emo alias emostyle. Ya udah, langsung.. Ada juga sih yang belum kenal. Tapi.. langsung dehhh!!!


Nah, kalo yang ini kelihatannya emo banget. Kan, diedit pake Photoscape 3.5, jadi ada kesan cuek atau gimana gitu.. Hahahaha.. Ini di Taman Sare (Taman Sari) disebelah timur (kayaknya) bangunan Keraton Sumenep.

Ini bareng anak-anak X-1. Aku pake jilbab hitam sebelah kanan.

Gaya sakit kepala. Haduhhh.. >,<" Kecapekan.. Duduk dyeehh... Fyuhhh....
Plend-plend ku yang unik. Aku dipinggir kiri lagi. Yahhh....

Ini nih.. Aku lupa. Taman Sare tadi punya mitos. Kalo penunggunya itu adalah ikan-ikan yang kufoto ini! Siapa yang ngambil bakal kualat. Waduhhh

Malam harinya....

Workshop Astronomi, diadakan oleh Ikatan Alumni SMAN 1 Sumenep (IKA SMANSA) dan mendatangkan narasumber ahli astronomi Indonesia asal ITB Bandung yang kebetulan punya koneksi dengan orang penting di Sumenep. Saya lupa banget nih namanya, padahal namanya gampang diingat. Haduuhh..

Yang diatas ini Bapak Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim. Tampak bijak banget ya, dan waktu berpidato, ga nyadar kita yang ngeliat itu kertas buaannyaak banget. Berlembar-lembar.. Tapi isi pidatonya bagus kok.. Hehehe...

Para tamu yang terhormat. Ada pula guru yang mendampingi kami. Waktu itu yang ngikutin workshop ini kelas X-1 sama XI IPA 3..

Ahli Astronomi asal ITB ini sedang menjelaskan tentang tata surya dan bintang-bintang yang ada dilangit. Dalam presentasinya, masih ada lohh planet yang lebih besar dari Bumi, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, serta Matahari (yang selama ini kita anggap paling panas, paling terang, dan paling besar). Apa? Ah.. cari aja di Google, saya udha lupa.. Wkwkwk (penonton kecewa)

Tapi, setelah dicari di Google, bintang yang paling besar yang ditemukan oleh para astronom adalah bintang R136a1. Ada lagi, kalo seingat saya bintang Centaur. Hmm.. pokoknya saya lupa dan nyesel ga catat bintang apa aja yang paling gede.

Terus, ada lagi diputar film tentang dahsyatnya kekuatan badai matahari dan juga cara kerja matahari tiap hari diluar pemikiran (pastinya, mikir aja nggak) dan dugaan kita. Film itu membuatku melayang jauh, jatuh karena sulit untuk mencerna gimana sih dahsyatnya alam yang belum diketahui semua apa aja didalamnya. Termasuk bintang, matahari, dan ruang hampa yang masih banyak kumpulan galaksinya. Udah gitu, kata di presentasi bapak tersebut, masih ada galaksi lain selain Milky Way.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1431 H

Dikala pagi angin bersemilir dingin
mentari pagi masih sembunyi dibalik awan lembayung
embun masih bergantung
suara takbir menggema-gema


Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar!

Mataku yang terpejam lelap terbangun
menyambut azan Subuh dan melangkah kaki
mengambil wudhu...
membelalakkan mata, hari ini hari raya
kambing dan sapi menunggu kami menyunggingkan senyum beribadah
"Ayo dong, cepatan," kata mereka.

Dan... aku berkumpul dengan kawan-kawan di depan SMA. Sholat Idul Adha bersama, merangkum ceramah pak Ustadz demi tugas, pulang membawa senyuman...

Hari ini... Hari Raya Idul Adha *ga telat ngucapin kan?
So, Return to My Blogg mengucapkan....

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1431 H (2010 Masehi).
semoga hari raya kurban ini kita bisa menumbuhkan sifat saling membagi dan toleransi kepada sesama umat Muslim."


Amiieenn Yaa Robbal 'Alamiinnn!!
^_^

Friday, November 12

Festival BLOG 2010, blogging photo and all

Waduh... lumayan nih ikutan Festival Blog "Internet Sehat Bikin Hebat". Boleh diperhitungkan tuh..

Hmm.. Perasaanku saat melihat informasi festival blog yang bertema positif ini bikin aku tergugah untuk berpartisipasi. Gimana nggak? Sebagai anak bangsa.. *ehem.. masok ka bangsa, kan mestinya membuat sesuatu yang terbaik atau dianggap baik untuk bangsa sendiri. Gitu deh kira-kira.

Nggak cukup ikutan festival ini, jauh-jauh hari malah aku pengen ikutan lomba blog, apapun temanya. Tapi ya.... Yang penting postingan itu mesti menarik, inovatif, de el el laaahhh... Terus, kriteria juga cukup mengagetkan aku.. aku kan tanggal 10 Desember masih Ujian Semester 1 di SMAN 1 Sumenep... Haduhhh.... Mending sekarang, jha' ngeluh..

Gimana ya tanggapan ku sama festival blog ini? Menarik deh... Setelah kupikir, ternyata ada misi terselubung disini... Selain mempromosikan blog dan tulisan si blogger, tapi juga pelan-pelan menumpas blog yang berpostingan "aneh" bahkan "ga keren, kampungan!" Ngerti kan? Blog dari postingan yang kuanggap tidak berperikemanusiaan itu malah bikin generasi anak bangsa seumuranku (bahkan seumuran adikku atau dibawahnya) menjadi berpikiran pendek dan macem-macem serta malahan pikiran anak tersebut jadi ngeres bahkan sok tau ini-itu... Liat aja ya, apa efeknya membuka postingan aneh dan lain-lain itu.

Akibatnya sih, kita udah pada tau apa saja yang akan ditimbulkan dimasyarakat, bahkan didalam rumah. Makanya, Festival Blog 2010 diadakan... keren banget tuh yang ngadain!!

Internet Sehat Bikin Hebat ini ternyata cocok dan pas gitu deh sama blogger pemula kayak aku. Kan, awalnya aku berinisiatif untuk membuat blog ini lebih baik, diisi postingan berupa puisi, curhat, dan pelajaran.

Selain itu, kalo aku ikutan Festival blog ini, aku harap bisa memposting postingan macem-macem kayak puisi, materi pelajaran dan foto. Dan biasanya, postingan blog selain yang kusebut itu ramai dikunjungin juga loh! Tapi yang postingan positif... Semoga aja, panitianya ngebolehin postingan yang kayak gini....


Jerapah, Taman Safari Pringgen Pandaan Malang Jawa Timur


Black, white, grey, rumahku on Pabian Sumenep Madura


Asoka merah


Editing with Photoscape
*foto yang sudah diunggah diatur kembali ukuran custom

Yah... ini foto hasil jepretanku sendiri. Ada yang natural (tanpa edit) dan ada yang pake edit (editan Photoscape). Orang yang mengunjungi blog ini, pasti mengapresiasikan pendapatnya melalui komentar atau kritik. Ehem.. kalo yang ini pasti diketawain...


Hahaha... ini foto waktu perpisahan MOS di SMAN 1 Sumenep, terlalu kelihatan editannya. Tools nya itu ACD See Photo Manager 12. Hihihi.. tauk apa yang mau dibilang panitia via e-mail nanti... ^_^"

Monday, November 8

Seandainya kau tahu

Seandainya, kau harus tahu
kalo aku merindukanmu... (sieehh.. siapaan tuh?)

Seandainya, kau tahu
kalo aku ini memujamu diam-diam...

Seandainya, kau tahu
kalo aku ini selalu membayangkanmu...
Seandainya kau mengerti...
bahwa aku ini hanyalah cewek biasa...

Seandainya kau mengerti..
aku hanya serpihan sesal dari hatimu,
yang hanya dibutuhkan saat kau sepi,
kau termakan oleh sepi dan masa lalu penuh warna itu!!!

Seandainya kau mengerti...
aku hanya menganggapmu sahabat sejati...
mungkin kau takkan pernah ada dalam hidupku,
hatiku...
cintaku...
rasaku...
Tuhan, dimana otak tengah-memori itu?

Ijaa... Yona... Debby... Tessa.. Agung.. Ahong.. Wiwik.. Dina... Nesi... Rosi... kalian dimana? Aku hanyalah serpihan ceria dari masa lalu SD kita!
SDN 1 Kutacane Aceh Tenggara NAD...
Dimana kamu, Ija?
Dimana kamu Yona?
Dimana kamu-kalian semuaa??
Perlukah ku sebut nama lengkap kalian? *habis.. nyari kalian di Facebook ga ada sih.. >,<"
Apa aku hanyalah serpihan dan kepingan masa lalu yang mudah dilupakan?

Dimana semuanya.. apakah harus hilang seketika??
saat bumi ini harus diterkam awan-awan berderajat tinggi dan kesuraman moral..
mana keceriaan yang harus bersatu itu?
apa semua masa lalu harus dianggap oleh kota mati memori,
tersibak dalam kain hitam kesibukan wajahmu sekarang??

Wednesday, November 3

Ibu pertiwi 1

Ku lepas dari pelukan alam...
Wedhus gembhel takkan pernah beristirahat,
getaran seismogenik takkan pernah musnah; bagai energi
dan...
pohon menjerit
beristirahat dan berdiri gagah diantara tanah subur


Tuhan...
dimana ibu pertiwi sekarang??
apakah... banyak sangat dosa bangsa ini?
Apaa... lama kelamaan awan putih kapas akan berubah menjadi Wedhus gembhel?


Tuhan...
dimana anak ibu pertiwi sekarang??
dilema oleh ketidakpedulian sekecil plankton
dibuai dalam buaian modernisme...
apa yang membuat matahati, matahati lainnya akan mati...
dalam buaian,
anak ibu pertiwi hilang dan timbul...
bepergian tanpa izin rakyatnya, mengulum senyum dinegara Eropa...
matahari pun bersinar enggan melepas senyum kepedihan padamu??


Ibu pertiwi...
jika ada anakmu yang amat sayang padamu...
berilah berkah kehidupan, ridhoi kami yang selalu membela dalam kesusahan...
dicaci
dimaki
diremehkan
dipandang bodoh
dikira kurang kerjaan
dikira sok suci
dikira macam-macam, merekalah yang berkata, biarlah..
mohonlah pada Tuhan ibu...
berilah kami sedikit nyawa untuk menyatukan hati dan bangsa ini...


Ibu pertiwi...
dalam sujud ketika tahajud malam, aku bersimpuh
menangis berair-air hingga sembap
apa dosa kami yang membela rakyat susah ibu??

Sunday, October 31

Tips sehat ala Re2myblogg

Aku seorang siswi di SMAN 1 Sumenep Madura kelas X-1 *jujur lek! Nah... sebagai anak sekolah, tentunya aku punya trik biar sehat tapi sepele dan sering diremehin orang. Apa??


Jalan kaki (dengan teman-teman) waktu pulang sekolah!!
^_^


Menyenangkan banget tau!! Selain bisa ketawa dan seru-seruan dijalan, bisa juga dapet sehatnya dan menyegarkan badan pegal yang hampir setengah hari belajar disekolah. Kebetulan pulangnya jam 3 sore, dan berangkat sekolahnya jam 6.10 pagi karena bel jam 6.15. Selain itu, ada juga bonus mendapat sinar matahari sore dan udara sore yang agak sejuk ketimbang pulang sekolah jalan kaki siang dengan udara yang panas.

Ga cuma itu, sebelum teman-teman pada go out dari sekolah, sebagian teman-temanku nunggu di depan pintu gerbang sekolah, sekalian ngumpul-ngumpul. Otomatis, muka kita kena matahari *dan sebagian temanku gak nahan panasnya.. Hehee..

Triknya dari aku yakni:
1. Karena sekolah SMAN 1 belnya jam 6.15, maka harus bangun jam setengah 5 atau jam 4, sekalian sholat Subuh dan belajar. Sholat Subuh ini selain menyegarkan tubuh dan pikiran, juga mendekatkan diri kepada Allah SWT. dan juga pengen kegiatan atau aktivitas pagi yang akan dilakukan direstui dan diridhoi Allah SWT. Terus, selesai sholat Subuh biasanya aku belajar. Kan badan udah seger dan pikiran terasa plong, ada baiknya diisi dengan hal-hal yang berguna kayak belajar. Minimal sekedar buka buku pelajaran atau menghafal kalo ada ulangan..

2. Makan pagi alias sarapan. Perlu banget, karena selesai belajar semua bahan-bahan nutrisi dalam tubuh terkuras karena belajar. Kebetulan juga, saat belajar juga bisa bikin perut keroncongan. Jadi, bagus banget kalo kita segera makan pagi, apalagi banyak dan nggak terlalu menguras perut.

3. Mandi pagi.
Badan kita yang terkena debu-debu atau kotoran yang ada dikasur harus dibersihkan dengan sabun. Jangan lupa, kalo mandi gosok gigi, biar kuman dimulut pada hilang. Sebelumnya mulut pada saat bangun pagi berbau naga *haaaahhhh... Bauuu.. Hehe... Tapi, ada juga pada saat bangun pagi mengambil air wudhu untuk berkumur-kumur, membersihkan hidung dsb (ada 3 bagian dalam sunah wudhu, cuci tangan, kumur-kumur, sama bersihin hidung).

4. Setelah seger-segernya mandi, tentunya pake baju seragam sekolah dong. Yang rapi dan necis... Biar keliatan mau sekolah.

5. Nah... kalo yang ini sih tergantung orangnya.. Setelah segernya mandi langsung meriksa buku apa ada yang kurang atau nggak, nyiapin bekal buat dibawa kesekolah (karena sekolah pulang jam 3), dan setelah selesai semua, langsung pasang jilbab yang rapi. Beda ama yang pake baju tadi, karena kalo langsung pake jilbab waktu pake seragam sekolah, takut kepanasan terus keringatan. Huh.. lesso lajuu... Selesai itu, pake sepatu sekolah.

6. Cabut kesekolah!! Dianterin ayah atau ibu.

7. Pulang sekolahnya, ya udah dehh... jalan kaki dari sekolah ke depan Telkom atau didepan toko Mastasek Pabian... Itupun kalo nggak ada becak atau mobil angkot, kalo ada terpaksa naik becak atau mobil angkot..


Hmm... kayaknya ini dehh tips dan trik sehat waktu sekolah. Didalam kelas kalo misalnya nggak ada guru, ya sebaiknya nggak mikir yang berat-berat supaya sampe dirumah nggak terlalu kecapekan dan bisa ngerjain PR atau belajar waktu sore. Dan, nggak dilupain juga istirahat, biar semua pikiran yang terus jalan jadi berhenti sejenak... *kasian dong badan, hampir setengah hari disekolah belajar, ini-itu de el el...



Postingan ini dibuat untuk mengikuti Giveaway Di Fanda and Fitness. Pengen banget dapet buku The Kite Runner nya... Kayaknya keren tuh novelnya.. Untungnya blognya mbak Fanda udah di follow dengan namaku Return to My Blogg, http://re2myblogg.blogspot.com

blognya mbak Fanda and Fitness (dengan artikel Giveaway di Fanda and Fitness) : http://fandafitness.blogspot.com/2010/09/giveaway-di-fanda-and-fitness.html

Tuesday, October 26

Ya Robbi.. kenapa aku?

ku tau aku bodoh
ku tau aku lugu
ku tau aku harus berusaha
ku tau aku harus mendapatkan yang terbaik
dan ku tau apa yang kulakukan
ku tau apa kesalahanku
dan kau pun tau,
kau juga melakukan seperti tadi..
salah, lugu, bodoh, harus berusaha, mendapatkan yang baik, tau apa yang dilakukan
ngelakuin kesalahan...
Yang penting kita masih dianggap manusia...


Yahh.. hanya hari inilah hari terakhir pengharapan pada kertas, pensil dan pikiran untuk mendapatkan angka puluhan yang dianggap orang itu nilai. Mau dibilang tuntas, atau nggak itulah yang bikin aku nyaris putus asa dengan pelajaran yang satu ini..

Ya Allah.. Ya Robbi.. hamba hanya pasrah padamu.. Engkaulah yang punya Qudrat dan Iradat yang akan nentuin aku remedi Matematika atau pelajaran lain yang remedi atau nggak.. Hamba udah berusaha biar nggak remedi pas Matematika, tapi kenapa selalu ada dua atau tiga soal yang cekak atau buntu...?? Apa konektor otakku kurang canggih dan tajam untuk ngolah dan mengingat angka-angka ketimbang mengingat atau mengolah kata-kata dan menghafal? Arhh.. hamba pasrah ya Allah.. Berapapun itu, apapun itu...

Ku terima saja waktu hari Sabtu pas terima rapor sisipan nanti... Apapun yang terjadi... aku akan belajar sebaik dan seserius mungkin supaya aku bisa mendapatkan nilai yang lebih baik!!! Aku mesti mengandalkan apa yang aku punya, walaupun kelemahan pada angka-angka susah untuk dihilangkan...

Maafkan aku sahabat, walaupun kau yang udah ngajarin aku belajar Matematika atau memahami Fisika.. aku tetap nggak ngerti.. Ntah, apa yang salah sama otakku ini..

AKu gak genaaaaaa!!!!!! Aku bingguuungggg!!!!!!!! Masa aku hanya mengandalkan olahraga dan sastra (nggak jelas, kurang mendukung katanya...) aja??? APa sih maksudnya???

Hanya Allah SWT. yang mampu menjawab resahku tanpa komentar disini... Dan... hanya kawan-kawan sekalian yang baca ini yang bikin aku semangat lagi...

Komentar yaaa!!!!

Wednesday, October 20

Ketemu dehh!!

Dan ku hanya melihatmu dibalik pohon kering kerontang,
berdahan seperti kayu bakar hitam legam..
diantara pula bunga-bunga bermekaran didepan kelas,
kau makin cepat langkahnya menyusuri lorong kelas sebelas


Hanya kutau dirimu,
wajahmu tak terlihat dari dekat
tapi namamu terpampang di papan nilai ujian...
ku kira kau siapa? namamu memang familiar nampaknya..
ternyata..
kau sahabat lamaku!!!


Telah lama kucari kau tak ada...
ku tanya kepada temanmu kau pergi entah kemana...
ku tanya kepada kembang sepatu oranye pun ia bilang dia hilang...
ternyata ada disini kau!!


Adikku yang lagi bobok... hehehe

Itukah??

Ku tau malam ini bukanlah malam yang dingin
dengan semilir angin yang berhembus dari kawat kasa berkarat...
hanyalah awan gelap yang menyelimuti rumahku dan kampungku,
sekedar penanda bahwa malam ini adalah malam yang makin larut
seiring rotasinya bumi...


Ahh.. aku tak mengerti,
ketika siang, kau berubah menjadi orang besar berbalut rok abu-abu..
tingkah ayu, welas asih, tutur sopan bak orang Keraton Solo
pulang sekolah kau bantu orang tua sambil meminta do'a agar ilmu dari sekolah berguna
tapi malam makin larut
kau menjadi dan berubah glamor, pesta ala GLee dari Hollywood
berkumpul dengan gadis seumurannya, tak kalah glamor
berbalutan dengan emas-perak-platina bahkan plastik imitasi: warna mengkilat-kilat
jingkrak-jingkrak dibawah lampu kelap-kelip, ruangan antara gelap dan terang...
suhu ruangan hangat, membuat mereka betah berjam-jam


Hahh.. mengapa mereka tak mengerti orang lain diluar mereka?
hancur dan hilanglah ilmu yang ia terima dari sekolah; hanya berlandaskan teori muntahan
disekolah jago berteori...
dan, hati mereka diselipi rasa busuk dan kata busuk
"Ah.. ngapain sekolah.. mending ajojing aja dirumah sob gue.."
Itukah??

Tuesday, October 19

Yeyy!! UTS telah selesaii!!

Alhamdulillah... hari ini, UTS atau Ujian Tengah Semester selesaiiI!!!! Yessss!! Yesss!!! Jam setengah 12 siang, pulang sekolah dan tandanya juga sihh ya udah selesai UTS. Pelajaran yang diujikan antara lain Agama Islam dan Biologi...

Paling melarat soalnya, Biologi!! Puhlaa... dhulat, soro sapa se tak ajjer.. Motemmo lah.. mau remidial atau nggak atau dapat nilai pas-pasan, yang penting soal Biologi itu selesai dikerjakan. Yarggh.. walaupun pembulatan LJK (lembar jawaban komputer) banyak yang ngelewatin garisnya dikitlahh... Hmm.. masalahnya, kalo kelewat dikit aja, scan lomputer jadi sensi abiiss orangnya.

Okee dehh.. walaupun udah selesai UTS, tapi tetep aja pulangnya jam 3 sore, berangkatnya jam 6 pagi.. Beda sama UTS, pulangnya jam setengah 12, mulainya jam 8 pagi, berangkatnya terserah.. Wuihh.. nyaman ngak reya....

Dan akhirnya, esok kembali seperti kegiatan awal semula.... Melelahkaaannn!!!

Sunday, October 17

Quote today, Pressure

SO, this is my quite quote today.. ANd, this is make me think someone, then I can play guitar step by step. Akordnya ada di internet, tinggal dicari. Ini, lirik lagunya Paramore berjudul Pressure. Lirik ini ada dikit pengubahan, tapi versi aslinya ada di internet dan ada di website aslinya http://www.paramore.net/


Tell me where our time went
and if it was time well spent
just don't let me fall asleep
feeling empty again
cause I fear I might break
and I fear I can't take it
tonight I'll lie awake
feeling empty

I can feel the pressure
it's getting closer now
we're better off without
you
I can feel the pressure
it's getting closer now
we're better off without you

Now that I'm losing hope
and there's nothing else to
show
for all of the days that we spent
carried away from home
some things I'll never know
and I had to let them go
I'm sitting all alone
feeling empty


Sumber: http://www.ultimate-guitar.com/pressure-paramore . Moga-moga link tersebut bisa diklik.. Moga-moga keluar. Kalo nggak keluar, ketik saja keyword Pressure Paramore lyrics atau chord guitar pressure paramore. Pasti ketemu!

Thursday, October 7

Esok dan hari ini

Kutunggu lama sudah beberapa hari ini...
aku tak bisa menemuimu sekarang ini
waktu tak menarikku kesini.. bahkan akupun tidak
dan kini aku bisa bersamamu kembali...

Sekarang aku hanya berpasrah kepada Yang Mahakuasa
esok adalah esok, kerjakanlah...
walaupun rasanya sakit besok, tapi jalanilah...
walaupun itu tantangan baru yang tak pernah habis, hadapilah...

Akupun cerita untuk hari esok...
aku lupakan sejenak hari ini...

Sunday, October 3

Tunggu

Ku tunggu tapi siang makin naik..
aku hanya menatap pemandangan kosong diantara tepi jalan
bahkan, hanya kulihat berbarisan semut dipohon
dipaku brosur calon pemimpin dan dicat putih hitam...

Friday, October 1

Ikatan Kimia (Chemical Bonds)

Ikatan kimia itu apaan yah?
Selain ikatan kimia, ada apa lagi?

1. Ikatan Kimia itu apa?
Oww.. menurut buku kimia SMA kelas X versi bilingual, Chemistry for Senior High School Year X (Penerbit Yudhistira) bilang kalo ikatan kimia adalah ikatan yang terjadi antara atom-atom yang membentuk molekul. Atomnya bisa berasal dari unsur yang sama atau yang berlainan jenis.

Terus, apa lagi? Penasaran aku...

Nah, ikatan kimia ini kan terdiri atas atom yang membentuk molekul, atom itu bisa berasal dari unsur yang sama atau berbeda (nggak sama atau sejenis) . Jadi, unsur yang sejenis dan nggak sejenis ini termasuk dalam bagan ikatan kimia juga.

Kalo, unsur-unsur sejenis itu akan membentuk molekul unsur. Contohnya ya, O (atom O) dan O (atom O) apabila berikatan menjadi O2 (2 ini angka indeks dari O yang seharusnya ditaroh dibawah, cuma nggak kayak pengaturan Word 2003, jadi kayak gitu sementara...^_^). Tau kan O2? Dan unsur-unsur nggak sejenis itu akan membentuk membentuk molekul senyawa atau disebut juga senyawa. Contohnya kayak H2O kalo diuraikan menjadi H + O (penjelasan lebih lanjut kenapa H itu jadi H2 sedangkan O cuma 1 doang itu akan dijelasin di pembahasan Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen). Gawat kalo ga tau H2O... Hihi...

2. Kestabilan unsur pada gas mulia
Di alam, umumnya unsur-unsur itu cenderung saling berikatan membentuk senyawa, kecuali gas-gas mulia. Bukannya gas-gas suci gitu! Bukan... Gas-gas mulia itu gas-gas (ga keliatan mas.. hihi) yang terletak di Gol. VIII A, dimana, golongan tersebut tidak menerima elektron (affinitas elektron). Hal itu dilakukan supaya gas-gas tersebut mencapai kestabilan konfigurasi elektron. Tapi, sekarang banyak kok gas mulia yang membentuk senyawa... Beneran nih, coba tanya ke guru kimia atau guru IPA... Guru kimiaku juga bilang gitu kok...

Ooo.. gitu toh.. terus?

Atom-atom dikelompokkan menjadi atom logam, nonlogam, semi logam, dan gas mulia. Atom gas mulia itu sifatnya stabil loh... Tapi, atom-atom selain gas mulia nggak stabil. Kenapa ya? Atom-atom gas mulia sifatnya stabil karena kulit terluar (elektron valensi) terisi penuh oleh elektron. Misalnya atom Ar (gas Argon) bernomor atom (Z)=18.

K L M Elektron valensi (kulit luar)
18Ar 2 8 8 8

Penuh kan? Nggak ada angka pada elektron valensi dibawah 8?
Ada lagi istilah buat elektron valensi, kalo elektron valensinya 2 (khusus bagan K), maka disebut duplet. Kalo elektron valensinya 8 (kayak contoh Ar tadi), maka disebut oktet.

3. Cara atom-atom yang tidak stabil mencapai kestabilannya
Terus gimana kalo atom atau unsur-unsur lain yang nggak terletak di Gol. VIII A? Apa dibiarin gitu? *Ya nggak laaa...

Unsur yang tidak memiliki konfigurasi elektron yang stabil, berusaha sekuat tenaga untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil. Keren tuh, gimana caranya?
1. Melepas elektron,
2. Menerima elektron,
3. Memakai bersama pasangan elektron... itu penjelasan Pak Wi waktu pelajaran kimia di X-1.

Nah, syarat untuk melepas dan menerima elektron itu terletak pada elektron valensinya loh.. Jika elektron valensi dibawah 4, maka akan cenderung melepas. Sedangkan jika elektron valensi diatas 4, maka akan cenderung menerima. Ada lagi, jika elektron valensi = 4, bisa menerima, bisa melepas, tapi cenderung menerima.
Contohnya:
a. 3Li = 2 1 (melepas 1e)
menjadi Li+ = 2, 2 itu elektron yang penuh

b. 11Na = 2 8 1 (melepas 1e)
menjadi Na+ = 2 8

c. 20Ca = 2 8 8 2 (melepas 2e)
menjadi Ca2+ = 2 8 8

d. 9F = 2 7 (menerima 1e)
menjadi F- = 2 8

e. 8O = 2 6 (menerima 2e)
menjadi O2- = 2 8

*Ingat, semua contoh tersebut masih ada kesalahan penempatan tanda - dan + karena tidak ada fasilitas pembuatan tanda pangkat dan angka indeks. Jadi jangan bingung ya...

4. Simbol Lewis
Oo.. Aku puyeng sama penjelasanmu... Yang lain kek, apa gitu. Katanya ada simbol-simbol apa gitu... Simbol ga jelas (ga jelas namanya atau ngingatnya?)

Oke, itu namanya Simbol Akang Lewis. Hehe, Simbol Lewis ding... Simbol Lewis ini untuk memudahkan kita dalam mempelajari ikatan kimia antar atom, dapatlah digunakan Simbol Lewis yang menggambarkan elektron valensi suatu atom. Cara penulisannya adalah sebagai berikut.
1. Tuliskan simbol atomnya (ya iyalah, kalo ga ditulis mana bisa digambar simbolnya?),
2. Tempatkan titik mengelilingi simbol atomnya maksimum sampai dengan 4 titik. Titik selanjutnya ditempatkan berpasangan dengan titik sebelumnya sampai mencapai konfigurasi oktet (konfigurasi 8),
3. Setiap titik mewakili satu elektron yang ada pada kulit terluar atom tersebut. Tanda titik (.) bisa diganti tanda silang or cross (x), lingkaran (bulet-bulet dah.. o), de el el.. Terserah kamu mau digambar lambang Konoha pun boleh-boleh saja ^_^.

Atom-atom unsur segolongan juga punya simbol Lewis yang sama lohh!! Untuk selanjutnya, silakan tanya ke bapak/ibu guru IPA, fisika, biologi, ataupun kimia. Kalo udah nggak sekolah lagi, silakan bayangkan gimana penempatan simbol tersebut. Simbolnya tidak boleh jauh-jauh dari unsurnya. COntohnya:
.
.X.
. Gambar itu menggambarkan golongan IVA. Gimana, bisa ngebayangin? Cuma yang perlu diperhatikan, penempatan dua titik atas bawah emang agak kejauhan karena pake spasi enter. Hehe....

Sampe disini dulu dahh.... Silakan kalo mau protes-protes atau tanya, komen yacchh!!!
Atau lebih lanjutnya, silakan tanya ke bapak/ibu guru pengajar Kimia atau IPA disekolahmu, mana tau lebih lengkap dan jelas daripada ini...

*Puh... lesso aku ngetiknya. Nyaris dua jam cuma ngetik subbab ini.

Sunday, September 26

Deg-degan...

Apa yang ku lakukan saat waktu mulai tiba?
kejadian itu akan dimulai...
jantungku akan berdebar kuat,
baju sekolahku berkeringat basah....
mataku hanya menatap selembaran putih bertuliskan hitam,
berisi soal-soal logaritma, pangkat kuadrat, dan konco-konconya?
kelas terasa panas bagai neraka
angin tak lagi berhembus...

Ketika ku menatap daun hijau bunga kembang sepatu
terasa terlalu silau...
dan ketika kutolehkan leher ke kanan dan kekiri,
yang lain hanya diam menunduk....
kaki-kaki sibuk berisik...
"aku ga tahaaannn!!!"


Itulah ulangan Matematika senin besok... Deg-degan belum belajar...
Duwwwhh.. udahlah pelajaran ulangannya Bab 1 tentang Pangkat dan Akar versi kelas X.. Payahh... moga-moga bisa!!
^_^

Saturday, September 25

Nggak pernah putus...

Semestinya,
aku harus tau kalau dunia ini dirundung keriput...
orang mulai gila dengan baju kurang kain...
kuat menindas lemah, lemah menyusahkan kuat...
mestinya aku harus tau apa yang terjadi sekarang,

Namun,
kita disibukkan lagi dengan masalah ini.. masalah itu...
seolah masalah sambung-menyambung menjadi satu;tak pernah putus sampai disini...
dan memang nggak pernah putus saat kau buka matamu lebih lebar, kau lapangkan dadamu lebih lapang...
menghirup udara segar bercampur dan berusaha berpikir jernih...


"kalau masalah dinegeri ini emang nggak ada putusnya!"

Friday, September 24

Badai Matahari Ancam Bumi 'Kiamat' di 2013

Makin tua bumi, makin banyak gejala dan bencana alam. Itulah yang membuat kita sering was-was dan takut kiamat. Iya sih, bener juga. Tapi sebaiknya kita renungin lah, apa yang dilakukan manusia (kita ini loohh) banyak yang berguna dan merusak. AslI! Ga bohong! Namun, ini beritanya tentang badai matahari. Badai yang terjadi beberapa tahun sekali dan mengancam banget dalam kehidupan kita.

Merinding? Daripada merinding liat aja berita dibawah ini....


Konperensi Dephan Inggris:
Badai Matahari Ancam Bumi 'Kiamat' di 2013
Bencana sekali dalam seabad ini bisa berdampak fatal.

Jum'at, 24 September 2010, 09:01 WIB
Ismoko Widjaya

VIVAnews - Ilmuwan memperingatkan suatu ledakan energi Matahari bisa melumpuhkan Bumi tiga tahun mendatang. Para peneliti khawatir ledakan besar itu terjadi pada tahun 2013 dan bisa menyebabkan pemadaman listrik secara total di seluruh dunia dan kekacauan global.

Seperti dilansir The Sun edisi 21 September 2010, potensi bencana yang terjadi sekali dalam seabad ini bisa membawa ancaman serius pada sejumlah fasilitas vital: kerusakan jaringan listrik, hancurnya sistem komunikasi, pesawat jatuh, dropnya stok pangan dunia, dan porak-porandanya jaringan Internet.

Bencana sejenis disebutkan pernah terjadi pada tahun 1859 dan mendatangkan kerusakan dahsyat di Eropa dan Amerika. Saat itu dilaporkan kawat telegraf terbakar habis. Bahkan, saat itu diberitakan dua pertiga langit di Bumi diselimuti cahaya aurora berwarna merah darah.

Peringatan malapetaka ini--yang mengingatkan pada gambaran kiamat di film '2012' ala Hollywood--tak kurang membuat was-was Menteri Pertahanan Inggris, Liam Fox. Dia lalu menggelar konperensi darurat di London pada 20 September lalu. Fox yang bergelar doktor mengatakan bencana yang dampaknya sulit diukur dan diprediksi ini bisa mengakibatkan kerusakan berskala hebat. Dan jika benar terjadi, maka badai matahari itu bisa menciptakan kerusakan yang jauh lebih berbahaya ketimbang ledakan serupa pada tahun 1859.

Da lalu meminta para ilmuwan untuk menyusun strategi guna mengantisipasinya. Konperensi yang diselenggarakan oleh Dewan Keamanan Infrastruktur Listrik Inggris itu mendengar paparan dari para ahli bahwa Matahari akan mencapai tahap kritis dari siklusnya di tahun 2013 mendatang.

Ketika itu, gelombang energi magnetik yang tercipta di atmosfer diperkirakan akan memicu badai radiasi yang menyebabkan lonjakan energi berkekuatan besar. Akibatnya, akan tercipta badai awan di kota-kota besar dunia seperti London, Paris, dan New York. Pada tahun 1989, bencana serupa yang berskala kecil sempat mengganggu pembangkit listrik di Quebec, Kanada.

Mantan penasihat pertahanan pemerintah AS, Dr. Avi Schnurr, juga memperingatkan, "Badai geomagnetik bisa menghancurkan negara-negara di muka bumi. Kita tidak bisa berpangku tangan menunggu bencana itu datang." (kd).


*Sumber berita dari http://dunia.vivanews.com/news/read/179292-2013--matahari-mengancam-bumi. Mau bikin kemaksiatan dan kemunkaran lagi kalo badai matahari mau terjadi?
Catet tuu...

Thursday, September 16

Aku bingung apa yang kupikirkan

Aku nggak pernah mikirin ini sebelumnya...
karena,
aku berada dibayang-bayang hujan semu musik
jedag-jedug-jedig-bruukk!!!
beat-nya keras dan gitar membahana, bas nyaris tak terdengar
namun, aku belajar juga kok! bas, gitar bas...
musik rock yang nyaris membuatku budeg
nelpon orang dengan suara pelan nan lemah; seperti putri Solo (nyasar)
tak terdengar, bahkan hanya mengangguk iya.

Aku tak pernah berpikir seperti ini!
bahkan, aku bingung apa yang kupikirkan!
ketika semuanya berubah menjadi serigala yang keluar dari sarangnya...
ketika semuanya dulu berbaik hati, perhatian, hingga sponsornya pun semua berbau..
Islami.. tapi kenapa sekarang kembali seperti semula?
apa yang kupikirkan?
apakah aku terjebak didalam pikiran senang semu setelah liburan?
atau..
hanya berpikir sedikit pesimis ketika menginjakkan kaki pada tangga 45 derajat di gunung Bromo sana?
Entahlah, aku bingung apa yang kupikirkan


Beneran deh! Neh puisi emang ga nyambung dan eror! Eror nih gue, gawat... Udah komputer mulai nunjukkin kelambatannya, eh aku juga ikutan slow motion *idih-idih... Sinyal modem pun aneh ga terkira! Bikin emosi. Apa, semilir angin diluar rumah kuno Belanda ini yang membuat kawat telepon bergoyang-goyang mengikuti irama angin? Kesel gue!

Thursday, September 9

Malam lebaran

Hahh... Lebaran tinggal tunggu besok. Malam ini adalah malam takbiran yang menggema indah suaranya. Sedangkan, anak-anak (cieehh...) seumuranku main petasan, atau mercon, ataupun mainkan bunga api yang terbang indah. Terbang apa loncat kayakn roket ya? Warna-warni deh pokoknya!

Nah, aku mau main bunga api nih sama ayah dan adikku. Mumpung belum habis, harus dimanfaatkan sekarang! Nyeeeseell ntar. Lumayankan bisa difoto..!!

Bye, main dulu ya!

My blog comes back!

Alhamdulillah Ya Allah!! Blogku kembali seperti semula!

Ternyata, untuk mengembalikan HTML seperti semula alias yang awalnya (tanpa selengkapnya dan lain-lain), aku mesti ganti templatenya dulu. Sehingga, kode HTML pun juga diperbaharui. Baru deh pokoknya! Bagus!

Dan, kemaren itu merupakan masa istirahat. Aku stres eh capek mikirin blogku yang rada hancur kemaren. Hampir aja nggak ngenet tadi malam. Kalo nggak, sampe pagi ini blognya tetap aja hancur. Yah, yang penting udah kembali. Udah rapi dan tambah lumayan dikitlah. Soalnya, tadi malam aku sengaja menyempatkan diri jauh dari komputer dan internet. Maklum, lagi capek-capek dan nyeselnya nggak puasa (setiap perempuan ngalami, kalo nggak percaya tanya ke ibu masing-masing).


Akhirnya, kuambil gitar Yamaha bersenar nilon. Kedengaran hancur pertamanya, udah distem tambah hancur (minor alias rusak) suaranya. Tapi, lama-lama betah juga tuh nyanyi pake gitar sampe jam setengah 11. Ngantuknya!!! Huaahh!


Dan, siang ini aku pake web browser Mozilla Firefox. Ada pengaruhnya juga, pake Firefox itu cepat dan nggak selambat Internet Explorer 8 yang sering dipake ngeblog. Kalo IE 8 kan, kadang ada notification macam-macam. Kayak pop up screen filter, de el el lah! Jadi, mending pake Firefox buat ngatur blog ini. Hehe

Bingung ya? Ya udah, aku juga bingung. Lagi mesem-mesem sendiri neh (bukan nggak puasa ya!). Seneng-seneng-seneng! (Dohh, nyuri Upin-Ipin nih!).


Return to My Blogg mengucapkan:

Minal Aizin wal Faizin, Taqabbalallahu minna wa minkum.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriah. Mohon Maaf Lahir dan Batin

Wednesday, September 8

Maapin aku!

Maapin saya yahh!! Maap banget, dengan perubahan halaman awal Return to My Blogg yang cukup drastis. Soalnya, ini juga masalah kecerobohan dalam menanamkan fungsi Read More atau Baca Selengkapnya.

Jika kamu hanya lihat judulnya doang, kamu bakal ngira "Mana isi postingannya??" Biar ga tambah bingung atau penasaran, klik aja judul postingan tersebut. Judul postingan itu juga mengandung link ke isi postingan. Jadi, waktu buka blog ini pertama kali langkah dari Google adalah
Google -->Return to My Blogg --> Judul Postingan (pastikan pointer mouse diarahkan ke judul postingan, karena judul itu mengandung URL isi postingan) --> Komentar (kalo mau ngomentarin). Silakan dicoba.

Sekalian juga, aku mau minta maaf atas segala kesalahan dan kekeliruan pada blog ini (termasuk juga postingannya). Karena, mungkin aja yang ngebaca ini ada yang pernah ngerasa ge-er (hehe), marah, kesel, bahkan malas bacanya. Kalo pun ada yang penasaran, nggak apa-apalah. Tapi, aku mohon maaf banget buat mas/mbak yang udah ngebaca postinganku. Mana tau, postingannya rada aneh, ngawur dikit, dan membingungkan.

Ini nggak juga permintaan maaf salah masukkin kode HTML dan kekeliruan postingan blog, tapi juga mau Lebaran yang akan dirayakan pada tanggal 10 September 2010.

Selain itu, buat yang pengen tukar link sama blogku, sementara ini aku masih banyak belajar. Maaf banget, kalo link yang diinginkan kurang cepat alias lemot gitu. Mungkin kamu seringkali nemuin kode HTML nya tapi gambarnya nggak ada. Sekali lagi maaf banget atas kekurang nyamanan ini. Moga-moga, mas/mbak semua bisa ngebantu lewat komentar posting atau polling blog.

Makasih semuanya, semoga blog
Return to My Blogg bisa kembali bagus seperti semula.

Puisi Aku

Neh, ada sedikit krepekan puisi dari buku diary ku.


Gak kelihatan? Bagus, berarti cara ini sangat ampuh untuk membuat mata kamu nempel ke monitor. Hehe...

Yak, ini dia puisinya

Aku

Aku membaca diriku
didepan cermin berbingkai layu,
bayanganku adalah aku (jadi siapa lagi?)
mataku bersiluet hitam, kantung mataku mencekung
seolah...
melihat diriku hampir sekarat,
menghadapi berbagai masalah dan...
tak dirurus, merasa merana, sedih dipendam,
miriplah aku seperti pesakitan, dan aku ceking,
namun,
aku masih hidup
(dan aku bukanlah yang kau pikirkan...)

Puisi itu diubah dikit. Jadi, kalo mau lihat lebih dekat dengan cara nempelin mata ke monitor, bedanya pasti jauh. Tapi nggak terlalu melenceng dari judulnya.

Aneh ya? Yang bilang aneh silakan komentar... Heheehe...

Monday, September 6

Alhamdulillah, blog dan Gmail-ku kembali

Akhirnya, pertolongan Allah SWT. memang benar-benar manjur. Thanks a lot My lovely God! AKu sayang Allah SWT!

Kedengarannya ada yang setengah lebay nih. Gini loh, aku udah hampir 3 jam dapet musibah. Mentang-mentang menjelang lebaran, Google bikin tingkah, hacker juga tuh. Hampir aja air mata nggak kehisap dan kejilat, kalo nggak batal puasaku!

Ceritanya, jam setengah 8 aku udah stand by didepan komputer untuk membuka blog ini. Namun, nggak bisa dibuka. Ga tau tuh, pihak blogger meminta mengkonfirmasi password terus. Sampai pada ke pertanyaan-pertanyaan umum Google.

Rupanya, akun gmail ku dipakai orang yang nggak bertanggung jawab. Dia mengubah passwordku. Berarti.... ada hacker masuk ke gmail-ku... Ya Allah, aku menangis ngeluarin air mata dikiitt (pelit dong). Aku hampir aja ngeratapin blog dan e-mail itu, sampe mikir-mikir sahabatku disekolah kok ga ada yang ngertiin dan nolong yachh (ciahh, lebay. SMS apalagi, maklum pulsa tak ada). Di FAcebook juga aku bikin status panjang, tandanya aku bete dan sedih amat gara-gara blogku ini (yang jadi temennya aku di Facebook, mbak Inuel, dkk boleh ngomen atau nge-like status. Hehehe)

Memang blog http://re2myblogg.blogspot.com/ udah jadi pacar keduaku setelah komputer. Mungkin, tanpa blog aku ga bisa hidup, puisiku bakal berantakan terus dikertas coret-coretan atau bisa aja hilang. Terus, cerpenku teronggok diam dikomputer, ga ada inspirasi atau ide apapun. Tapi, aku ga nyerah! Perjalanan mengembalikan akun blog dan gmail dimulai.

Aku otak-atik pertanyaan Google. Dari pertanyaan verifikasi, sampe nyasar ke e-mail Yahoo! Blogku pake e-mail Yahoo! itu lantaran nyasar kasih e-mail akun blognya. Ga ngerti ya, sama. Lalu, aku otak-atik lagi, dan pada akhirnya mentok pada pertanyaan Google untuk memverifikasi password dari pesan SMS dan pesan ke telpon seluler. Hebat kan?

Aku coba pesan SMS, namun SMS verifikasi tak kunjung datang dari Google sana. Lalu, otak-atik lagi sampe ketemu! Harus! Yah, ketemu lagi Google untuk verifikasi password lewat telpon seluler. Aku ketik nomor hapeku, dengan negara Indonesia. Jadinya +6281 bla-bla-bla (hahaha, ga boleh tau berapa belakangnya..). Dan bisa! Google nelpon aku dengan aksen bule-nya! Maksudnya, Google telpon ke nomorku dengan bahasa Indonesia yang hancur. Awalannya aku nggak ngerti dan bahasanya terdengar samar-samar. Namun, yang kedua aku baru dengar ada angka-angka bahasa Indonesia.

Nomor telponnya Google itu +13109287055. Mau telpon atau sms? Percuma, ga akan bisa.
Setelah kutulis di kertas apa angka verifikasi yang dibilang Google lewat hape, aku langsung menyalinnya ke kotak verifikasi lewat keyboard komputer. Yups!! Langsung bisa! Gmail ku dan Blog pastinya kembali lagi! Alhamdulillah....

Pada saat menemukan cara untuk ngembaliin e-mail Google (itu yang utama, kan selanjutnya nanti bisa semua), pihak Google bilang kalo akunku itu dinonaktifkan. APa maksudnya? Apa, akun gmail-nya berpassword kurang rumit? Mungkin, buktinya kena hack tuh... Kan sekarang nggak lagi!! Yeess!!! Pencarian cara ngembaliin semua akun Gmail ku itu lama, dari jam setengah 8 sampe sekarang, jam 11 siang lewat 3. Itupun sekalian Facebookan dan Twitteran. hahaha, kesempatan dalam kesempitan!! Sempat juga sih ngelakuin trik SEO (duh, gaya). Ngetikkin kata-kata "re2myblogg" di Yahoo! Search Engine, "return to my blogg" dan "hak-hak dpr" di Google. Lumayan ampuh, tapi blog tetap tak bisa dibuka.

Duh ah! Udah, yang penting aku seneng semuanya udah come back to me. SO, aku nggak sedih lagi sekarang. Thanks a lot Allah, Engkau yang Maha Baik dan Maha Pemberi Rizki.

Apa yang kamu baca disana? Apa hikmahnya?
Kalo kita ngerasa kehilangan sesuatu kayak blog tanpa sebab yang kita nggak ketahui, kita boleh aja panik. Kita boleh kok menitikkan air mata dikiiiittt aja, jangan sampe nangis beneran atau ngeratap. Karena, dengan ngeratapin atau nangis itu nggak akan ada jalan keluarnya sampe buka puasa pun! (duh, menjelang Maghrib tuhh). Selain itu, kita mesti putar otak. Kan, e-mail itu pasti ada pembantu alias bantuin kita untuk memverifikasi atau ngedit e-mail kita lagi. Tapi, karena kecanggihan Google yang sulit ditebak (buat orang awam), jadi nyari pemecahannya berjam-jam.

Nah, saking lamanya, sampe nyasar ke web lain. Dullahh benar aku. Tapi, ikutin aja apa (pertanyaan) yang dikasih Google. Toh, dapat sendiri dan bisa kembali lagi kayak semula.

Hmm.. Penjelasan panjang, blak-blakan, wah, bikin orang ga ngerti beneran nihh, ampuuunnN!!!! Puyeng pastinya. Semoga ini bisa jadi pelajaran berharga buatku, supaya bikin password itu yang susah-susah!

Saturday, September 4

Alone in shine sky


Aku sendiri hanya untukku sendiri,
selalu kutatap langit biru berawan putih,
tanpa kupandang dengan tatapan kosong tak berarti,
dan aku berharap,
selama aku sendiri, masih ada yang peduli....
Saat aku sendiri, aku selalu berpikir,
betapa kejamnya duniawi nan semu yang selalu memanjakan mata
selalu membuatku tertipu untuk menutupi kesendirian,
serta mencapai impianku,
dan bila awan terbelah dua dan berubah merah menggelegar
saat pula aku sendirian tak ada yang peduli?
apa aku harus menutup kesendirian dengan cara konyol?
mati bunuh diri?

Bila aku sendirian, kau selalu menemani,
entah siapa kau disana, namun
ada yang selalu abstrak didalam hatiku... Dialah yang selalu membantuku...
bukan kau, kadang bukan kau pula...
aku hanya mengharap setengah dari dunia dari-Nya...
tapi aku bukan seorang pengharap penuh
yang selalu meronta-ronta pedih saat sendirian,
kepadamu...

Sendirian.
sendirian.
sendirian....
aku memang sendirian sekarang, dan takkan sendirian lagi jika tiba waktunya...

Friday, September 3

Hak-hak DPR yang mengherankan

Aku heran, kenapa ya judul blog "Hak-hak DPR" lebih terkenal dan banyak yang ngunjungin, terutama Indonesia sendiri dan Amerika Serikat? Apanya yang keren yah? Padahal itu cuma materi PKn kelas 9 di SMPN 1 Sumenep lohh.. (kelas 9-i.

Duaarrr!!! AKu bener-bener heran, kenapa di statistik blog begitu tingginya penayangan Hak-hak DPR? Puhlaa... APa aku harus posting tentang Negara dan kawan-kawannya ya? Kan, niatku bukan apa-apa... (SIahh.. jujur ee.. Ambu jhe' pateros! Todus! Udah berhenti! Malu tau!). Pliss bahh...

Hoki kali ya? Or lucky it's the same? On the two month, maybe, Hak-hak DPR is more higher audience than other post. Hmm.. Maybe, it just rezeki from Allah SWT., biar rajin nulis blog. Mungkin kali ya, cukuplah keraguan ini diakhiri dengan Alhamdulillah...

Tapi, nggak apa-apalah. Justru berbagi sedikit ilmu itu kayaknya yang paling banyak dicari, dibaca, dilihat, bahkan dicopas (copy-paste) orang. Hehehe... Apalagi diblog, walaupun tak ada orang yang mengomentari, tetap aja tuh banyak yang ngelirik. Itulah yang aku herankan sejak kemarin. Hmm.. capek deh...

Eh, malah curhat disini... Awas fungsi diary punah alias f(d)=0 ya (beh, Matematika polee..). Okelah, aku anggap ini kemajuan. Heran dikit ga pa-apa toh, asalkan ini kenyataan. Mungkin, postingan bisa ditambah dengan materi pelajaran SMP atau SMA yang sumbernya dari buku catatan sekolahku dongg... Hahahaha, narasumber pertamanya itu guru pengajar. So, kalo ada yang kurang-kurang boleh aja sih ditambahin dengan komentar. Bisa aja sih...

Tapi, buat mbak/mas yang udah tamat sekolahan gimana ya? Kan, mereka lebih berkutat pada menulis doang (terutama tutorial ngeblog) dan kalo pengen ngomentarin pelajaran kan, agak puyeng juga... (Puyengnya kalo kukasih Fisika atau Kimia. Matematika kebanyakan pake tombol Shift, dan ngerepotin). Serba bingung lah..

Biar kutanya pada diriku sendiri.. Cieehh, lebay.. Atau tanya ke sahabatku tadi malam. Ehem, siapa ntu?? Ah, biarin lah... Yang penting blogku harus mencapai 1000 posting dari Mbak Fanny http://just-fatamorgana.blogspot.com/ ! Pasti bisa deh, selain share ilmu pelajaran, tapi juga mengembangkan kemampuan nulisku (yang dikit berkembanglah..). Lumayan kan? Bisa juga langsung ke cerpen atau puisi.

Sayangnya, aku takut ada apa-apa. Tau dong, semua mbak/mas blogger mengalaminya. Nggak cuma Facebook yang begitu, blog pasti juga. Bisa aja kan, blog juga bisa menyimpan rahasia yang nggak pernah diketahui orang. Atau, diblog malah jadi penyair dadakan. Hehehe.. gitu deh

Udahlah, gitu aja kok repot. (Maaf Pak Gusdur, pinjam kata-katanya sehari dulu ya. Besok tak kembaliin)

Ngebingungin orang yang baca kali ya? Senga' ta' ngerte-ngerte malolo yee... Yang penting lah wak ang baco tuh.

Thursday, September 2

Puisi curhatku pada Indonesia

I
Saat malamku tiba menusuk dingin,
aku tak pernah merasa kau ada
saat siang pun menjelang,
aku selalu tertawa;tenggelam
diantara teman-teman

Dan kini, aku hanya ditemani diriku dan kau saja;kau
yang menjadi benda kesayanganku,
kau yang tak pernah lepas dari hatiku....
namun suatu saat kita akan berpisah,
kawan sejatiku...


II
Aku pulang sekolah menyusuri jalan beraspal
melihat kota Sumenep pinggiran, aku berpikir
aku menghayal bahwa aku akan pergi
but I don't wanna judge it
It just my think

Aku akan berdiri dan tinggal dinegeri penuh keindahan misteri ini..


III
Malam sunyi
berubah berisik saat Ignorance Paramore berbunyi
lalu berubah slow saat We are Broken Paramore berbunyi
namun aku keras, hatiku rindu pada nyanyian merdu,
nyanyian merdu Ramadhan,
dan
kakiku hanya bergoyang, saat nyamuk telah memangsa,
sedang hatiku merana,
karena aku menyesal meninggalkan Ramadhan dinegeriku ini...


IV
Ku tak tau dirimu, kawan
bila dia ada, dia mendekat,
namun bila aku ada, dia menjauh...
entah ikatan elektronnya terlalu kuat...
entah inti positifnya terlalu seimbang...
entah dia itu bermuatan positif, atau negatif
pun aku tak tau...
apa maksudnya?
dia ganggu aku setiap hari, setiap waktu, setiap jam, bahkan setiap bulan tak pernah putus?
apa maksudnya?
ketika kutanya mengapa dan kenapa
dia jawab nggak dan maaf. berlagak tak tahu, mengira paling bagak
apa maksudnya?
aku bukan menyindirnya,
namun itulah dia, sobatku.
mungkin kau takkan mengerti dia...


V
I just wanna sit down,
to think about all the fantastic dream but dim...
kesemuan yang indah, namun kekal abadi...
kau suguh aku pesonamu yang indah,
kau tampilkan ke aku temperamen yang unik,
bahkan,
aku tak pernah terkagum-kagum dengan lebay-nya...
sampai-sampai aku ingin mati dikubur saja dinegeri yang indah ini...
kau berikan aku sejumlah kenangan alam yang takkan kulupakan...
hingga masjid raksasa, sampai cemara udang Sumenep pun kau berikan...
seolah-olah kau tak terlindungi...
seolah-olah kau tak dipeduli...
padahal itulah keindahanmu dibalik misteri,
misteri mata dan hatiku (sejak aku lahir dinegeri ini)


VI
Mesti marahkah kami padamu wahai
kawanku dari serumpun sedarah?
satu sumber bahasa beda dialek?
tak mau tau kah kau sekarang bulan apa?
BULAN RAMADHAN YANG PENUH HIKMAT....
namun kau pancing emosi kami ini yang selalu sabar...
bahkan dirimu menangkap hati dan ruh orang, yang melindungi negeri kami?
tak lihatkah kau? kau manusia? kamipun juga manusia...
justru untuk apa kau puasa,
bila hawa nafsumu tak menahan untuk selalu
menghina,
mengejek,
mengambil sedikit tanah kami...?
apa negeri kami akan dijajah Belanda versi 2 lagi?
untuk apa kau menghina kami jika kau selalu merasa oke-oke aja alias sombong?
capee deh, kayaknya perlu diperbaiki oleh teknisi diplomat Allah
apabila diplomat manusia tak mampu membendung nasionalisme berlandas hawa nafsu?
mabete jhreya!


Mabete jhreya = bikin bete aja lo, Madura


Puisi ini buat ikutan lomba dari Manajemen Emosi tentang cuap-cuap alias blak-blakan tentang Indonesia... Ohh!! Namanya itu Blogger Cinta Indonesia.. AKu sih, sedikit ada nasionalisme (silakan nilai sendiri) dan ini emang kegelisahan cinta (cieehh) namun disalurkan menjadi kegelisahan cinta kepada Indonesia yang mulai memudar. Moga-moga selesai besok.. Karena masih diedit dikiiiittt lagi.

Dan, malam ini mesti tidur, besok kan sahur, dan jam 8 pagi harus cabut ke SMA tersayang, SMAN 1 Sumenep. Kali ini aku pengen banget cerita cuap-cuap pake puisi. Bagus gak yah? Tanya dan lihat sendiri bagi mas/mbak yang baca... Met melihat...

EHh... udah diedit nih.. jam 15.59
Editan sedikit, soalnya tadi malam kayaknya oke gitulah..

Tuesday, August 31

Seneng, susah, dan lemot

Ternyata, setelah otak dan saraf ku ngalamin namanya broken connector alias lemot, aku berubah mendadak jadi

SENANG!!!!

Senangnya kegedean. Hahaaa...

Duh.. ga nyangka emang hari ini begitu senangnya... AKu udah baikan (kayaknya ya..) sama sahabatku... Ya, kukira dia marah gara-gara aku ngerjain dia, ternyata eh ternyata lagi dia nggak punya pulsa... Ta' andhi' pulsa! Untung dia sms aku pas (nggak sih.. udah mau nyampe rumah baru sms) perjalanan dari sekolah ke rumah... Huaaahhaaaa!!! Emang seneng aku ternyata... Padahal, biasa aja tuh menurut mbak/mas yang baca.. Di-lebay-in aja tuh..

Itu sebab aku nanya PR Matematika yang sulit berupa campuran antara persamaan akar, pangkat dan logaritma. Hati-hati nih, ntar yang baca malah tambah puyeng. Masalahnya, 3 soal itu harus ngitung pake kalkulator ilmiah. Yang penting, ada sin, cos, tangen, log, dan kawan-kawannya dehh!! Termasuk juga tanda ^ (pangkat di kalkulator). Duh, kayaknya tambah puyeng nih yang baca.. Bentuk soalnya lumayan susah kalo hanya ditatap aja ataupun didiamin. Kalo dikerjain kita emang bener-bener ditipu dan dikerjain sama soalnya. Kaciannnn... Kayak aku nih contohnya... SOalnya:

Puyeng kan? Makanya mesti parlo ngangghuy kalkulator ilmiah otaba ngangghuy kalkulator matematika. Ngangghuy itu pake bahasa Maduranya. Keterangannya mengganti a menjadi nomor absen masing-masing kemudian dihitung dengan kalkulator (teliti sampai 7 dibelakang koma, tambah puyeng nih..) Habis itu, tulisin aja langkah-langkahnya lengkap tulis di buku catatan atau tugas Matematika. Gampang kan? Iya sih... Pada akhirnya susah juga.

Aku mohon bantuan dengan sahabatku, siapa ya?? Emm.. sebut aja Jo (keren nih namanya). Karena aku puyeng sama 3 soal itu. Malah, sebelum tanya udah nyari, tapi ragu-ragu. Lebih baik tanya yang pinter saja... Karena aku tanya ke dia sampe ngangguk ngerti, kotak masuk namanya itu penuh. Nah, namun soal nomor dua aku yang cari sendiri (serta mesem juga, saking keselnya dikerjain). Tapi, tetap tanya untuk memastikan.

Jawabannya rahasia dong alias lupa. Hahahahaha, cari aja sendiri! (Duilee.. sok ya, mentang-mentang anak sekolah SMA). Kataku dan katanya (cieehh.. ambu jhe' pateros! Ilmunya menular ke aku malah) operasi tambah kurang itu mah ditambah atau kurangin aja sama nomor absen, atau angka berapapun lah.. Setelah itu, baru deh dihitung kalkulator. Tentunya, cara ngitung dikalkulator dan dikertas coretan beda jauhhhh... Mesti banyak tanda-tanda operasi (plastik, bukan muka.. ehh?) perhitungan yang diketauin.. Hehe, kalo nggak, selamat tinggal bahh....

Yang penting pelan-pelan saja ngerjakannya (bagi mbak/mas yang baca dan pengen nyoba, kebetulan encer otaknya). Butuh perjuangan berat ngerjain itu. Sampe mesem-mesem pula aku ngerjainnya gara-gara abis kena tipu sama soalnya. Duh, Matematika ternyata ada tipu-menipu (bentuk soal, kalo didiamin doang) yah....

Dan kembali ke masalahnya, aku hanya tanya perbedaan kalo nggak pake kurung dikalkulator atau pake kurung. Awalnya sih lama, lalu dibalas dengan nomer lain. (Wah.. rahasia mulai kebongkarrrr!!!!!) Tapi, ga pa-apa lah.. AKhirnya aku kena semprot juga. Diam-diam menggalakkan (Behh, awas dibaca sama Jo nanti..) BUkan dikerjain kok, mungkin aku aja yang lemot kemaren.

Puuhhh.. hampir saja!! Untung (lagi) beneran lemot kemaren. Hahahaha (ngeselin mungkin yang baca dan ga ngerti)

Sunday, August 29

Memang benar-benar kacau

Hanya beberapa menit ini aku bingung dan strategi ku hancur lagi. Lihat deh, meja belajarku pada berantakan dan bertumpukan buku (sebagai tanda ada PR atau nyatet catatan yang belum selesai).

Entahlah, beberapa hari ini aku kayaknya ketagihan ngeblog. Mungkin, karena Mbak Fanny Fredlina yang punya blog http://just-fatamorgana.blogspot.com/ itu nyantumin nama Return to My Blogg (http://re2myblogg.blogspot.com/) di list penerima award 1000 posting. Iya kali, seingatku.. Hehe.. Mungkin sih bisa aja... Aku jadi rada mendadak ngeblog semenjak dikasih award itu. APapun yang ada dipikiran (ngelintas dikiiiiittt aja), ya udah tangan pada sibuk nekan keyboard. Ya ampun, fungsi diary ku hampir punah...


Kalo aja mau liat meja belajarku gimana, aduh, kayak kapal pecah deh. Pusing aku. Kebanyakan buku yang numpuk disana. Biasanya sih, yang numpuk itu PR.

Hancur bener ini...


Satu lagi.. ini lebih dekat.


Kalo yang ini mungkin nggak terlalu parah...

Cuma tumpukan buku pelajaran dan yang paling noraknya itu buku kimia yang paling depan... Haha, cuma itu buku yang paling keliatan (covernya dan judulnya).. Nggak lucu sih, tapi norak..

Ya udahlah.. daripada pikir itu, mending cabut belajar (setelah itu tarawih) baru nyusun strategi.. Kayaknya yang broken link itu bikin aku benar-benar pasrah dengan jawaban Allah... Ga bisa dibantah, ga bisa dipaksa... Itulah... sebabnya...

Humph.. Keburu tambah merana aku (haaalllaaaaahhhh... gaya! Ada kan pacarmu??)
Beh... siapa pacarku?
Kalo bukan blog dan komputermu sapa wae?
Oalah... tak genna
Memang benar-benar kacau hari ini....

Broken link..

AKu pusing.. aku nggak kuat ketika dia begitu, seperti itu..

Ya Allah! Aku kapok!! Lebih baik aku biasa aja kalee.. Tenggelam dalam rutinitas sehari-hari dan menjadi sahabatnya aja!!

Duh.. kenapa aku tanya gitu ya... Kenapa juga aku nampilin postingan begitu, pantesan dia ngerasa ge er dikit. Duhh..

Biarlah! Aku mau siap-siap pergi les bahasa Inggris. Setelah itu ngerjain PR Matematika (lagi..) dan yang lainnya...

Lebih baik, kubiarkan dia.. Dan, kubiarkan diriku tenggelam dalam beat musik rock Paramore yang lebih ngerti sama perasaanku sekarang!!

We Are Broken - Paramore dan For Pessimistic, I'm Pretty Optimist - Paramore.. DUa lagu itu yang pas buatku yang lagi (broken... heart... Hahaha!!)

Bukan broken heart...

Saturday, August 28

Tolong! Aku diingatkan oleh nostalgia itu...


SMPN 1 SUMENEP, dari depan. Ada spanduk diatasnya, itu tandanya kalo salah satu anak SMP 1-ku yang tercinta itu juara 1 OSN (Olimpiade Sains Nasional) Biologi tingkat SMP di Medan sebulan yang lalu. Keren kan? Dia dapet gelar (hehe, bahasanya diperkeren lah..) Best Experiment dalam Biology. Yang kelihatan sih cuma itu. Kalo difoto mungkin ga keliatan. Hehe

Lalu... sedikit masuk ya... Ini memang mengingatkanku..

Itulah quote khas sekolahku. Mungkin, kamu ngira sekolah SMP ku ga terlalu ngedepankan seni, ataupun yang lain. Tapi ini berkaitan dengan sendirinya kok.. Pasti ada dong kegiatan ekstrakurikuler keren yang juga menunjang naiknya nama SMPN 1 Sumenep. Mulai dari basket, sampe ikutan festival seni di Malang, sampe-sampe (katanya...) dapet penghargaan dari Gubernur gara-gara nampilin kesenian Madura Sumenep, Tari Muang Sangkal dan musik Tong-tong (bacanya tung-tung). Makin kangen aku...

Lagi...

Halaman depan yang selalu kulewati tiap pagi waktu kelas 9-i dulu (kalo terlambat). Aku sering ketemu anak-anak OSIS yang sesama kelas 9 dan pastinya dong ketemu bapak/ibu guru tercinta... Dan juga kadang ketemu teman kelas lain. Kebanyakan pake sepeda ontel cewek (duh ngejek nih..) dan sebagian juga ada yang pake sepeda motor dan sepeda bertenaga aki (begitu lah.. nggak ngerti? sepeda cas-casan..). AKu sering jalan cepat kalo lewat sana. Nggak kenapa-napa sih, cuma pengen cepat ketemuan sama sobat di 9-i.

Dan...

Haha, nggak nyangka, buat ngilangin bingung pun aku sering liat itu.. "Kawasan Bebas ROkok". Apanya yang seru yah? Mungkin warnanya kali merah putih...

Ini lagi.. Mumpung iseng nih. DUlu mana ada kayak tanda itu..

Haha, unikkan? Berkat zoom kamera.. Dulu waktu kelas 9-i, bahkan jadi anak baru di SMPN 1, nggak pernah tuh ada poster "RSBI" kayak gitu. Yah, mungkin meyakinkan ajalah... Tambah unik hihi. Setelah itu, ada lagi... Semua foto ini kuambil tadi siang. Mumpung ayah enak diajak kompromi, akhirnya aku dan adikku serta ayah ke SMPN 1 Sumenep. Hanya aku doang yang masuk situ, adikku ngambek ga jelas lalu masuk mobil.


Kalo yang ini lorong khusus dilewatin guru.. Kalo siswanya haram.. Ntar kena poin di buku peraturan...



Kalo yang ini, jalur khusus cewek, tempat parkir cewek juga. Nah, bangunan hijau itu musholanya. Mushola itu digunakan untuk sholat (pastinya) dan ada juga yang pake buat ulangan Agama Islam. Karena lebih disiplin dan lebih ketat ulangan dimushola. Kadang juga, buat ngumpul anak-anak yang kesusahan mau nongkrong dimana pas istirahat. Tapi, nongkrongnya diluar mushola dong.



Pojok kelas 7 dibangunan tua. Kelas 7 diletakkan dipaling depan...


Ruang BK, Ruang TU, UKS

Nah, sekarang gambar akan diurut secara acak. Ini mewakili keadaan sekolahku tahun ajaran 2010/2011 ini. Bedalah sama tahun ajaran 2009/2010 dulu, berkesan... Hihihi *ngarang pisan atuuhhh